skip to Main Content
5 Cara Alami Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

5 Cara Alami Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Merebaknya wabah virus corona novel membuat para ilmuwan dan petugas medis mendesak warga untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan atau imunitas tubuh yang memadai dapat membantu seseorang untuk terhindar dari penularan covid-19.

Menurut catatan WHO tingkat kesembuhan dari virus corona novel berada di angka yang sangat tinggi, yakni antara 96,6% sampai 98%. Sedangkan data dari lama worldometers menunjukkan bahwa 93% orang yang tertular covid-19 berada dalam kondisi terkendali dan hanya 7%-nya saja yang berada dalam kondisi kritis. Menjaga daya tahan tubuh akan sangat membantu dalam usaha mencegah tertular virus corona novel dan membantu dalam masa penyembuhan.

Berikut ini 5 cara alami yang dapat kamu lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Jangan Merokok

Merokok telah lama diketahui merusak paru-paru dan paru-paru yang rusak akan rentan ditaklukan oleh virus corona jenis terbaru yang mematikan ini. Virus corona novel memiliki ‘duri’ yang diaktifkan oleh enzim pada sel tubuh yang bernama ‘furin’ dan ketika telah aktif maka virus akan menggandakan diri dan menyebar ke seluruh tubuh. Sel yang mengandung enzim furin ini terdapat hampir di seluruh tubuh, terutama di paru-paru dan usus kecil. Karena itu tanda-tanda pertama dan utama penderita virus corona novel adalah sakit yang terkait paru-paru.

Dan sama seperti merokok, covid-19 juga membuat paru-paru rusak dan tidak dapat diperbaiki. Engurangi atau berhenti merokok akan membantu melegakan tugas paru-paru, membuatnya lebih siap untuk melawan virus yang berbahaya ini.

Makan banyak buah dan sayuran

Buah dan sayuran kaya akan zat gizi dan mineral yang dibutuhkan tubuh dan semuanya itu tersedia dalam bentuk alami yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Mineral seperti seng, selenium, besi, tembaga, asam folat, serta vitamin A, B6, C,dan E akan memperkuat daya tahan tubuh. Daging harus dimasak terlebih dahulu sampai matang sebelum dikonsumsi.

Latihan yang teratur

Latihan fisik yang teratur akan membuat jantung menjadi sehat, menurunkan tekanan darah, dan membantu mengendalikan berat tubuh. Jantung yang sehat dan tekanan darah yang terkendali yang berujung dengan membaiknya mutu daya tahan tubuh.

Baca juga:

Jack Ma menyumbang jutaan masker dan alat tes virus corona ke seluruh negara di benua Afrika.

Ini maksud dan manfaat social distancing dan self quarantine.

Tidur yang cukup

Tidur yang memadai berlangsung antara 7 sampai 8 jam. Dengan jumlah tidur yang memadai maka tubuh mampu menghasilkan lebih banyak enzim sitokin, yakni sejenis protein yang menyerang penyebab infeksi dan peradangan dan menciptakan sistem pertahanan tubuh.

Kurangi stress

Stress telah diketahui memiliki hubungan yang erat dengan berbagai masalah kesehatan, seperti sakit perut, gatal-gatal, dan bahkan sakit jantung. Karena itu stress harus dikurangi sekali dimasa wabah seperti covid-19 menyerang. Hal-hal yang dapat menyebabkan stress yang kronis adalah masalah hubungan dengan keluarga, teman, dan rekan kerja. Juga tekanan untuk selalu berkinerja baik di kantor. Karena itu self quarantine dapat membantu melawan virus corona novel dalam dua cara, pertama: mencegah berinteraksi dengan orang yang membawa virus; kedua: mencegah seseorang untuk berinteraksi dengan hal-hal yang dapat menimbulkan stress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top