skip to Main Content
5 Manfaat Ketela Bagi Daya Tahan Tubuh

5 Manfaat Ketela Bagi Daya Tahan Tubuh

Ketela adalah tanaman umbi-umbian yang mudah ditemui di Indonesia dan menjadi makanan sehari hari di beberapa daerah. Ketela rupanya memiliki sejumlah manfaat yang baik sekali bagi tubuh.
Ketela berasal dari amerika selatan, tepatnya di daerah yang kini menjadi negara Peru dan Bolivia. Disana, Ketela telah ditanam dan dikonsumsi kurang lebih sejak 8.000 tahun yang lalu. Dari sana umbi yang juga disebut dengan nama ubi kayu ini menyebar ke seluruh amerika selatan, amerika tengah, kepulauan karibia, afrika, dan asia tenggara. Kini ketela menjadi makanan pokok di afrika barat, amerika latin, dan karibia.
Ketela bisa menjadi makanan pokok karena memiliki karbohidrat yang mampu membuat perut kenyang, sama seperti nasi. Selain itu Ketela juga mengandung berbagai vitamin dan anti-oksidan penting yang mampu menjaga dan menguatkan daya tahan tubuh, sesuatu yang diperlukan di masa pandemi seperti saat ini.
Baca juga:
Vitamin C
Ubi kayu adalah sumber vitamin C yang sangat bagus. Satu mangkuk makan ketela yang telah dimasak mengandung 29 miligram vitamin C, hampir setara dengan 40 persen kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan produksi kolagen alami.
Kaya Anti-oksidan
Ketela juga mengandung senyawa fenol yang menyediakan sejumlah anti-oksidan yang mampu melawan peradangan pada sel tubuh. Anti-oksidan ini akan mendukung tubuh melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh peradangan.
Kaya Serat
Satu mangkuk makan ketela masak mengandung empat gram serat, cukup untuk memenuhi kebutuhan serta per hari. Serat yang cukup berhubungan dengan pengendalian yang lebih baik atas gula darah, mengurangi tingkat kolesterol dalam darah, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.
Penglihatan yang Lebih Baik
Ketela jenis baru yang sekarang dikembangkan mengandung korotenoid pro-vitamin A yang akan membantu penyerapan vitamin A yang lebih baik oleh tubuh. Vitamin A sangat baik bagi mata sehingga konsumsi ketela dianggap bisa dihubungkan dengan membaiknya kesehatan mata.
Karbo Kompleks
Ketela adalah makanan bertepung yang menyediakan karbohidrat, energi, vitamin, anti-oksidan, dan serat sekaligus. Membuatnya menjadi makanan karbohidrat yang kompleks.
Itulah lima manfaat utama ketela. Di Indonesia, selain digoreng atau difermentasi menjadi tape, ketela juga diolah menjadi tepung tapioka yang menjadi bahan utama pembuatan makanan khas Palembang, pempek. Konsumsi berbagai makanan olahan dari ubi kayu bisa dijadikan pilihan yang menarik dan lezat sebagai pendamping atau pengganti beras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top