skip to Main Content
8 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan.

8 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan.

Inilah rincian mengenai kandungan zat bermanfaat di dalam tumbuhan lidah buaya serta beberapa manfaatnya bagi kecantikan dan kesehatan yang terbukti menurut sains.

Lidah buaya adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tabib di Mesir, China, dan Yunani kuno bahkan menyebut lidah buaya sebagai tumbuhan ajaib yang memiliki khasiat luar biasa. Kini teknologi modern telah memberikan kepada kita banyak bukti ilmiah atas manfaat tanaman berdaging tebal dan berair ini.

Berikut iniĀ  deretan kandungan zat pada lidah buaya serta manfaatnya bagi manusia.

Vitamin

Lidah buaya mengandung Vitamin A (beta karoten), B12, C, E, asam folat, dan kolin. Vitamin A, C, dan E adalah anti-oksidan yang berperan penting dalam menjinakkan radikal bebas.

Enzim

Lidah buaya mengandung 8 jenis enzim, yakni: aliiase, alkalin fosfat, amilase, bradikinase, karboksipeptidase, katalase, selulase, lipase, dan peroksidase.

Bila dioleskan langsung ke permukaan kulit maka bradikinase membantu mengurangi peradangan yang parah. Sedangkan senyawa-senyawa lainnya membantu dalam mengurai gula dan lemak.

Mineral

Lidah buaya menyediakan kromium, kalsium, tembaga, selenium, magnesium, mangan, potasium, sodium, dan seng. Mineral-mineral ini berperan penting dalam berbagai proses metabolisme tubuh dan sebagian kecil bersifat anti-oksidan.

Gula

Lidah buaya menyediakan gula dalam bentuk monosakarida (glukosa dan fruktosa) dan polisakarida (glukomanan dan polimanosa). Alprogen adalah sejenis glikoprotein yang memiliki kemampuan anti-alergi dan C-glukosil khromona yang memiliki fitur anti-peradangan ringan.

Anthraquinone

Lidah buaya mengandung 12 jenis anthraquinone yang memiliki manfaat sebagai pencuci perut atau pencahar. Sedangkan Aloin dan Emodin memiliki sifat menahan rasa sakit, anti-bakteri, dan anti-virus.

Asam Lemak

Kolesterol, kampesterol, dan b-sisosterol memiliki sifat anti-peradangan dan lupeol memiliki kemampuan antiseptik dan penawar rasa sakit. Keempatnya adalah steroid alami yang ada di dalam lidah buaya.

Hormon

Auksin dan gibberelin membantu dalam penyembuhan luka dan memiliki kemampuan anti-peradangan.

Lain-lain

Lidah buaya menyediakan 20 dari 22 asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Tumbuhan ini juga mengandung asam salisilat yang mempunyai kemampuan anti-peradangan dan anti-bakteri.

Senyawa lignin saat dioleskan ke permukaan kulit akan meningkatkan kemampuan penetrasi senyawa lain yang bersamanya. Terakhir, gel pada bagian dalam daun lidah buaya mengandung saponin sebanyak 3 persen yang mempunyai kemampuan membersihkan dan antiseptik.

Setelah kamu mengetahui sederet kandungan zat yang bermanfaat dalam lidah buaya, kini kamu harus tahu beberapa kegunaan dari zat-zat itu untuk tubuh kita.

Kulit

Gel atau daging tanaman lidah buaya dikenal memiliki manfaat besar bagi kulit, baik kulit wajah maupun kulit tubuh. Mengoleskan gel lidah buaya dapat menyembuhkan luka, goresan, kulit kering, dan luka bakar.

Berat tubuh

Dengan kandungan asam amino dan berbagai enzim mereka membantu memperbaiki kemampuan tubuh menyerap makanan dan memanfaatkannya bagi metabolisme tubuh.

Ketombe dan rambut rontok

Lidah buaya mengandung enzim proteolit yang memperbaiki sel kulit mati pada kulit kepala. Gel lidah buaya juga mampu bertindak sebagai kondisioner sehingga membuat rambutmu halus dan berkilau. Manfaat lainnya adalah membuat rambut cepat tumbuh, mengurangi rasa gatal di kepala, dan mengurangi ketombe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top