skip to Main Content
Apakah Nama Wabah Ini, SARS-CoV-2 Atau Covid-19?

Apakah Nama Wabah Ini, SARS-CoV-2 atau Covid-19?

Wabah serupa flu yang merebak saat ini memiliki dua sebutan yang berbeda, sebagian menyebutnya dengan ‘SARS-CoV-2’ dan sebagian lain menyebutnya ‘Covid-19’. Manakah dari dua nama itu yang benar dan menjadi nama resmi wabah ini?.

Sejak pertama kali muncul, wabah flu mematikan ini memiliki beragam sebutan yang berubah dari waktu ke waktu. Saat pertama kali muncul di Kota Wuhan, RRT, wabah ini disebut dengan nama ‘Wuhan Virus’. Sebutan itu lalu berubah lebih rinci menjadi ‘Wuhan coronavirus’ untuk menunjukka bahwa virus itu berasal dari keluarga virus corona. Nama itu lalu menjadi ‘China coronavirus’ yang dipergunakan oleh orang di luar RRT yang akhirnya berubah lagi menjadi ‘2019 nCoV’.

Baca juga:

Kampus di AS ini telah lima tahun menyelidiki virus corona dan mereka menawarkan kabar baik.

Jika terpaksa keluar rumah maka jagalah jarak, ini alasannya.

Akhirnya WHO menetapkan nama resmi bagi wabah yang menyebar cepat itu pada 11 Februari 2020, namanya adalah ‘Covid-19’. Keputusan itu berbeda dengan yang diambil oleh badan internasional urusan penamaan virus  International Committee on Taxonomy of Viruses yang memberi nama virus itu ‘SARS-CoV-2’. International Committee on Taxonomy of Viruses memakai nama ‘SARS’ sebagai petunjuk bahwa virus corona yang baru dan menyebar luas ini memiliki hubungan genetik dengan virus yang memicu wabah SARS pada 2003 lalu di Asia.

Kementerian Kesehatan RI melalui Juru Bicaranya pernah memberi pernyataan bahwa virus SARS-CoV-2 berbeda dari virus Covid-19. Lalu mana yang benar, SARS-CoV-2 atau Covid-19?.

Penampakan SARS-CoV-2 berupa benda-benda bundar bewarna kuning di bawah lensa mikroskop elektron ini. (NIAID-RML)

Ternyata keduanya benar. Menurut Direktur Eksekutif WHO Michael Ryan pada taklimat pewarta tanggal 13 Februari 2020, SARS-CoV-2 adalah nama teknis yang dipergunakan oleh para ahli virus di laboratorium, sedangkan Covid-19 adalah nama yang dipakai oleh orang awam. Agar lebih jelas, Covid-19 adalah nama untuk peristiwa merebaknya wabah penyakit, sedangkan virus yang menyebabkan wabah itu bernama SARS-CoV-19. Seseorang yang diperiksa di rumah sakit tidak terjangkit Covid-19, melainkan terjangkit SARS-CoV-2 dan orang yang terkena virus ini menjadi bagian dari korban wabah yang bernama Covid-19.

Nama Covid-19 dibentuk oleh ‘Co’ yang merujuk ke corona, ‘Vi’ yang merujuk kepada virus, ‘d’ yang merupakan inisial dari ‘disease’ alias ‘wabah’, dan angka ‘19’ yang mewakili tahun kemunculannya yakni 2019. Sedangkan nama SARS-CoV-2 berasal dari ‘SARS’ yang merupakan wabah yang disebabkan virus corona pada tahun 2003, ‘CoV’ untuk corona virus, dan ‘2’ untuk menunjukkan bahwa ini wabah kedua dari jenis virus yang sama.

 

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top