skip to Main Content
Apakah Vaksin Bisa Menghentikan Penularan Covid-19?

Apakah Vaksin Bisa Menghentikan Penularan Covid-19?

Pertanyaan mengenai apakah vaksin Covid-19 bisa menghentikan penularan covid-19 mendapatkan jawaban yang menarik. Sebagai tindakan berjaga-jaga maka sebaiknya orang-orang tetap menjalankan protokol kesehatan walau telah mendapatkan vaksin Covid-19.

Vaksin Covid-19 dengan efektivitas tinggi telah disetujui oleh sejumlah otoritas kesehatan dan siap untuk diproduksi secara massal. Vaksin produksi Pfizer, BioNTech, dan Moderna adalah beberapa contoh vaksin kelas utama yang penggunanya sudah dimulai di Amerika Utara dan Eropa. Tetapi satu pertanyaan penting muncul, apakah orang yang telah mendapatkan vaksin Covid-19 tidak akan menyebarkan covid-19?
Pertanyaan ini menjadi penting karena bila masih bisa menyebarkan covid-19 maka orang yang telah divaksin harus tetap mengikuti protokol kesehatan dimana pun mereka berada. “Kini sudah ada vaksin yang bisa melindungi kamu dari penyakit covid-19 yang parah, tetapi kamu bisa saja tertular dan menyebarkan covid-19 tanpa menjadi sakit,” ujar Jeffrey Bethony, seorang Profesor Mikrobiologi, Imunologi, dan Pengobatan Tropis di Universitas George Washington per Popular Science. Jeffrey Bethony adalah pakar yang mengerjakan vaksin untuk penyakit parasit dan HIV.
Umumnya orang mengira bahwa vaksin bisa membunuh virus dan mencegahnya menyebar dari satu orang ke orang lain, tetapi pada vaksin Covid-19 ini keadaannya belum begitu jelas. “Secara umum, kita percaya bahwa bila kamu telah mendapatkan vaksin yang mencegah penyakit, maka kamu juga akan mencegah penularan, tetapi kamu tidak bisa berasumsi 100 persen masalahnya akan seperti itu,” ujar Susanna Nagie, seorang Associate Profesor Pengobatan dari Universitas Duke.
Seseorang yang telah mendapatkan vaksin, mungkin saja tetap tertular covid-19 tetapi karena tubuhnya telah berlatih dengan vaksin maka virus SARS-CoV-2 tidak menimbulkan masalah yang berarti. Tetapi virus corona yang berada di tubuhnya tetap bisa berpindah ke orang lain ketika dia bersin, bernafas, atau tangannya yang dipakai untuk membersihkan hidung menyentuh benda-benda di sekitarnya.
Karena itu, walau telah mendapatkan vaksin, kamu harus tetap patuh pada protokol kesehatan sampai otoritas kesehatan menyatakan bahwa pandemi telah berhasil diatasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top