skip to Main Content

Cabe Bisa Membuat Manusia Panjang Umur

Mengkonsumsi cabe bisa membuat orang memiliki umur panjang. Cabe memiliki kemampuan yang dapat mengurangi resiko seseorang terkena penyakit terkait jantung dan kanker.
Kabar gembira datang bagi para penggemar sambal. Sambal yang mengandung banyak cabe ternyata memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh dan bisa membuat orang berumur lebih panjang. Tumbuhan yang tergolong rempah ini memiliki banyak manfaat, yaitu anti-peradangan, antioksidan, ant kanker, dan kemampuan mengendalikan tingkat gula dalam darah. Kombinasi dari semua manfaat ini akhirnya membuat resiko seseorang untuk terkena penyakit terkait jantung dan kanker menjadi turun.
Asosiasi Jantung Amerika melaporkan temuan mereka atas manfaat cabe pada Senin 9 November 2020. Temuan itu didapat setelah mereka menelaah 4.729 laporan penelitian dari lima pusat utama data kesehatan dunia, yakni Ovid, Cochrane, Medline, Embase, dan Scopus. Asosiasi Jantung Amerika berhasil mengumpulkan catatan pola makan dan kesehatan dari 570.000 orang yang berasal dari Amerika Serikat, Italia, China, dan Iran. Data tersebut dikelompokkan untuk menjadi dasar perbandingan antara mereka yang rutin mengkonsumsi cabe dan mereka yang jarang sekali atau tidak pernah mengkonsumsi cabe. Hasilnya mengejutkan.
Mereka yang mengkonsumsi cabe memiliki kemungkinan lebih rendah 26 persen untuk meninggal karena penyakit terkait jantung; lebih rendah 23 persen untuk meninggal karena kanker; dan lebih rendah 25 persen untuk meninggal karena alasan kesehatan apapun.
Meski menghasilkan temuan yang penting, para peneliti belum mampu menunjukkan jenis cabe seperti apa yang paling banyak memberi manfaat. Peneliti juga belum dapat memutuskan seberapa banyak dan seberapa sering sebaiknya cabe dikonsumsi. Peneliti Senior yang menulis laporan ini Bo Xu, M.D adalah ahli Kardiologi di Heart, Vascular, and Thoraic Institute di Cleveland, negara bagian Ohio, Amerika Serikat. Dr. Xu mengatakan bahwa para peneliti akan melanjutkan penelitian mereka, mungkin dengan melakukan kajian terkendali atas sejumlah relawan dan berharap dapat segera menerbitkan makalah ilmiah segera setelahnya.
Hasil penelitian ini adalah kabar baik bagi orang dalam kebudayaan Melayu seperti di Palembang yang sangat gemar mengkonsumsi cabe dalam bentuk sambal. Konsumsi sambal mungkin adalah resep rahasia bagi mereka untuk memiliki umur panjang.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Search