skip to Main Content
Cara Alami Menyembuhkan Demam Berdarah

Cara Alami Menyembuhkan Demam Berdarah

Merebaknya virus corona novel menutupi bahaya lain yang sedang mengancam, yakni demam berdarah. Pada beberapa provinsi di Indonesia demam berdarah telah merenggut banyak nyawa sehingga diperlukan berbagai cara untuk mencegahnya menyebar luas.

Demam berdarah disebabkan oleh virus yang disebarkan melalui nyamuk aedes. Penyakit ini umum menyebar di daerah tropis seperti Indonesia dan subtropics. Demam berdarah memiliki gejala demam, ruam, serta nyeri otot dan sendi. Pada kasus yang parah terjadi pendarahan hebat dan syok yang dapat membahayakan nyawa. Pada kasus yang parah penderita demam berdarah harus dirawat inap. Orang yang terinfeksi virus ini untuk kedua kalinya memiliki risiko yang lebih besar untuk mengidap demam berdarah yang parah.

Bagi kamu yang merasa tertular demam berdarah dan telah ke dokter tetapi tidak dirawat di rumah sakit, berikut ini beberapa kiat sehat secara alami untuk memulihkan diri dari demam berdarah.

Makanan yang mudah dicerna

Makanan seperti rebus-rebusan, sop, bubur, teh herbal, sayuran hijau, pisang, dan apel akan mudah dicerna saat masuk ke usus, meringankan kerja tubuh dan memudahkan nutrisi penting untuk diserap oleh tubuh sehingga dapat membantu mempercepat masa pemulihan.

Perbanyak cairan

Cairan diperlukan oleh tubuh kita yang didominasi oleh air. Air kelapa dan jus buah akan membantu tubuh mendapatkan kembali elektrolit dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Vitamin C

Vitamin C membantu pembentukan antibodi di dalam tubuh yang dapat melawan serangan virus penyebab demam berdarah. Jeruk, lemon, dan papaya bisa dikonsumsi secara teratur untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam masa pemulihan.

Penambah darah

Platelet adalah bagian dari darah. Sama seperti sel darah merah dan sel darah putih, sel platelet juga berbentuk pipih seperti piring, tanpa warna, dan berjumlah sangat banyak di dalam darah, platelet berfungsi sebagai penyumbat kebocoran pada aliran darah. Jika ada pembuluh darah yang pecah maka platelet akan bergegas ke bagian itu dan menyumbatnya. Buah-buahan segar dan sayuran hijau yang direbus akan membantu pembentukan platelet.

Berdasarkan empat peringatan diatas maka ada beberapa hal yang dianjurkan dan tidak dianjurkan bagi kamu yang hendak menyembuhkan diri daruu demam berdarah.

Hal yang dianjurkan

Air kelapa

Air kelapa adalah minuman yang paling dianjurkan bagi penderita demam berdarah karena air kelapa mengandung elektrolit dan berbagai mineral alami yang sangat diperukan oleh tubuh.

Jeruk

Jeruk banyak mengandung vitamin C yang adalah antioksidan penting yang memicu kenaikan antibodi. Konsumsi jeruk akan membantu menaikkan daya tahan tubuh.

Pepaya

Pepaya membantu produksi platelet yang penting untuk memperbaiki pembuluh darah yang pecah. Ambil dan peras daun pepaya sehingga menjadi jus dan minum dua kali sehari.

Jus sayur

Timun dan wortel yang dijadikan jus dengan sedikit atau tanpa gula akan membantu tubuh melawan simpton demam berdarah.

Teh jahe

Jahe akan membantu mengurangi tanda-tanda sakit demam berdarah dan mengandung antioksidan yang penting bagi tubuh.

Jus buah

Jus buah dengan sedikit atau tanpa gula sangat dianjurkan untuk melawan demam berdarah. Buah seperti jeruk, nanas, jambu biji, dan kiwi akan memperccepat produksi limfosit yang mampu memerangi infeksi virus demam berdarah.

Hal yang tidak dianjurkan

Makanan pedas dan berminyak

Demam berdarah menyerang saluran pencernaan sehingga penderita demam berdarah sebaiknya menghindari makanan yang pedas dan berminyak yang sulit dicerna.

Makanan yang melalui banyak proses dalam pembuatannya adalah makanan yang tidak sehat.

Makanan yang diproses

Makanan yang melalui proses perubahan bentuk, perubahan warna, dan penambahan rasa telah dikenal sebagai makanan yang tidak sehat sehingga harus dihindari oleh penderita demam berdarah. Berbagai jenis kripik kentang, mie instan, sosis, cokelat batang, dan kentang goreng adalah beberapa jenis makanan diproses yang harus dihindari.

Minuman bergula dan bersoda

Minuman dengan banyak gula dan soda juga telah lama dikenal sebagai minuman yang tidak sehat. Berbagai merek minuman berenergi dan bersoda sebaiknya dihindari bila korban demam berdarah hendak sembuh.

Sayuran mentah

Sayuran adalah baik, tetapi sayuran mentah bisa dikotori oleh berbagai bakteri, kuman, dan parasit yang akan sulit dibersihkan oleh sistem pencernaan yang sedang diserang oleh demam berdarah.

Semua kiat ini bisa dilakukan beriringan dengan pengobatan yang didapat dari dokter. Jika demam berdarah terus berlanjut, disarankan untuk mendapatkan tindakan medis yang lebih professional di rumah sakit terdekat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top