skip to Main Content
Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer Alami Di Rumah

Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer Alami di Rumah

Merebaknya virus korona berimbas kepada menghilangnya masker dan hand sanitizer dari pasaran. Publik yang panik membeli kedua benda itu sebanyak yang mereka mampu, baik untuk disimpan sendiri maupun untuk dijual ulang.

Meski menyedihkan tetapi kamu tidak perlu panik, karena hand sanitizer bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang bisa dibeli di toko dekat rumah atau memesan secara daring (online). Cairan pembersih tangan ini adalah campuran antara alkohol, pewangi alami, dan anti-bakteri alami. Ketika telah dibuat, cairan ini bisa kamu bawa kemana-saja di dalam botol kecil yang diletakkan di dalam tas.

Bahan yang harus kamu siapkan adalah alkohol gosok, gel lidah buaya, minyak esensial batang teh atau lavender, dan botol plastik bekas ukuran kecil. Alkohol gosok adalah alkohol isoprofil yang bisa kamu dapatkan di apotik. Alkohol akan membunuh kuman, sedangkan minyak esensial akan membunuh bakteri dan memberi wewangian. Paduan keduanya akan disempurnakan oleh gel lidah buaya yang memberi sensasi dingin dan halus.

Botol plastik kecil berukuran 20 ml sampai 35 ml akan ideal untuk menampung cairan pembersih tangan alami yang kamu buat sendiri.

Botol plastik kosong baru atau bekas yang mampu menampung cairan sekitar 20 sampai 35 mililiter. Jika tidak menemukannnya di rumah atau di toko maka bisa dipesan melalui daring. Bisa memilih botol biasa atau botol semprot. Pilihannya tergatung pada selera kamu dan tidak akan memengaruhi manfaat cairan pembersih tangan yang akan kita buat.

Langkah pertama adalah mengisi botol plastik dengan cairan alkohol gosok. Penuhi sampai sepertiga isi botol, lalu baru tambahkan minyak esensial batang teh atau lavender atau keduanya. Jika hanya salah satunya maka teteskan sampai antara 25 sampai 40 tetes, jika mempergunakan keduanya maka masing-masing diteteskan antara 10 sampai 25 kali. Perhatikan wangi yang dihasilkan paduan antara lavender dan teh untuk mendapatkan wangi yang pas. Terakhir, tambahkan gel lidah buaya sampai ke leher botol lalu tutup dan kocok dengan lembut.

Perpaduan bahan-bahan di atas akan menghasilkan cairan yang mampu membunuh kuman dan bakteri sembari melembutkan kulit dan menebarkan wangi yang memikat. Cairan ini juga alami dan tidak mengandung zat beracun sehingga aman dipergunakan oleh anak-anak dan tidak menyebabkan polusi.

Selamat mencoba!.

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top