skip to Main Content
Dua Manfaat Nanas Bagi Kesehatan Perempuan

Dua Manfaat Nanas Bagi Kesehatan Perempuan

Nanas adalah buah-buahan tropis yang memiliki banyak manfaat kesehatan dan khusus bagi perempuan, nanas memiliki dua khasiat penting.

Siapa yang tidak mengenal buah nanas, buah bewarna kuning dengan daun berduri ini jamak ditemui di wilayah tropis, termasuk di Sumatra Selatan. Kota Prabumulih terutama dikenal sebagai sentra penghasil buah nanas sejak dekade 1970-an. Buah dengan nama latin Ananas comosus ini mengandung mengandung berbagai vitamin penting, mineral, antioksidan, dan senyawa lain yang dapat memberi perlindungan atas tubuh dari peradangan dan penyakit.

Secara khusus, nanas mempunyai dua manfaat bagi perempuan.

Mencegah osteoporosis

osteoporosis adalah perapuhan tulang yang ditandai dengan tulang yang menjadi lemah dan ringkih akibat kekurangan kepadatan massa. Osteoporosis membuat tulang menjadi lemah dan dalam keadaan yang parah harus membutuhkan pembedahan. Osteoporosis dapat menyerang semua orang tetapi pada perempuan kasus osteoporosis terjadi empat kali lebih banyak.

Vitamin C yang cukup dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Vitamin C diketahui berhubungan dengan peningkatan kepadatan massa tulang sehingga dapat mencegah kerapuhan dan retak pada tulang. Penelitian yang terbit pada 3 Februari 2020 menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C memiliki resiko yang rendah untuk terkena osteoporosis dan 34 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terkena patah atau retak tulang pinggul.

165 gram buah nanas potong mampu menyediakan 88 persen kebutuhan harian vitamin C dan 5 persen kebutuhan harian magnesium, mineral yang penting untuk memelihara tulang yang kuat.

Baca juga:

Inilah manfaat besar pepaya bagi tubuh.

Lidah buaya ada banyak manfaatnya loh, ini diantaranya.

Menyediakan nutrisi selama kehamilan 

Meski terdapat kepercayaan bahwa memakan nanas berbahaya bagi kehamilan tetapi tidak ada penelitian yang membuktikan hal tersebut. sebaliknya, nanas bisa menjadi pilihan yang kaya nutrisi bagi ibu hamil.

Nanas menyediakan mineral zat tembaga, beberapa vitamin B, Vitamin C, zat besi, seng, dan kalsium.

Meski hanya diperlukan dalam jumlah sedikit, zat tembaga adalah mineral penting untuk membentuk sel darah merah. Selama masa kehamilan, kebutuhan akan tembaga meningkat menjadi sekitar 1 miligram per hari yang akan membantu membentuk jantung, urat darah, sistem saraf, dan tulang belulang janin. Satu porsi sajian yang berisi 165 gram nanas menyediakan 18 persen kebutuhan tembaga harian untuk tubuh.

Beberapa vitamin B pun dimiliki oleh nanas, yakni B1 (tiamin), B6 (pyridoksin), dan B9 (folat). Mereka memiliki perannya masing-masing yang secara umum mendukung tumbuh kembang janin yang sesuai. Penelitian berjudul ‘Macronutrient and micronutrient intake during pregnancy: an overview of recent evidence’ yang terbit pada 20 Februari 2019 menunjukkan bahwa asupan vitamin C bersama besi, seng, dan kalsium berperan penting untuk menjaga kesehatan kehamilan.

Meski memiliki banyak manfaat, konsumsi yang berlebihan selalu memberi dampak buruk, dan pada nanas, konsumsi melebihi batas akan menyebabkan mulut gatal atau bengkak, kesulitan bernafas, ruam-ruam pada kulit, dan hidung tersumbat. Senyawa Bromelain pada nanas juga dapat meningkatkan efek beberapa pengobatan, seperti antibiotik, pengencer darah, dan antidepresan.

Nanas akan memberikan banyak manfaat bila dikonsumsi sesuai kebutuhan, silakan mencoba!.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top