skip to Main Content
Fantastis, Gitar Akustik Kurt Cobain Terjual 85 Miliar Rupiah

Fantastis, Gitar Akustik Kurt Cobain Terjual 85 Miliar Rupiah

Gitar milik Kurt Cobain terjual lebih dari Rp 85 miliar dalam sebuah lelang di Amerika Serikat pada Sabtu 20 Juni 2020. Gitar itu dipergunakan oleh Kurt Cobain dalam pertunjukan musik yang menjadi legendaris di saluran televisi MTV.

Aikon musik Grunge dan generasi 1990-an Kurt Cobain masih menunjukkan kebesaran dirinya tiga dekade setelah kematiannya. Sebuah gitar yang dipakai oleh sang aikon terjual puluhan miliar 26 tahun setelah dirinya meninggal dunia.

Gitar akustik merek Martin tipe D-18E keluaran tahun 1959 itu terjual seharga Rp 85,72 miliar pada acara lelang ‘Music Icons’ yang digelar oleh rumah lelang Julien’s Auction di Beverly Hills, California. Lelang atas gitar itu dibuka pada angka 1 juta dolar tetapi berhasil melonjak naik begitu tinggi selama lelang berlangsung. Angka fantastis yang dicapai gitar milik Kurt Cobain itu jauh melampaui rekor sebelumnya yang dipegang oleh gitar 1969 Black Strat milik David Gilmour yang terjual di angka 3.975.000 dolar pada 2019.

Gitar akustik ini konon merupakan gitar terakhir yang dimainkan oleh Kurt Cobain. (Julien’s Auction)

Gitar akustik Martin D-18E itu merupakan yang ketujuh dari hanya 302 buah yang pernah dibuat. Sang Vokalis band Grunge Nirvana itu menambahkan sendiri pickup Bartolini ke lubang suara. Bersama gitar, pembelinya mendapatkan tas hardshell untuk gitar dengan flyer album Feel The Darkness milik Poison Idea menempel di bagian luarnya. tiga utas dawai asli, tiga buah pick gitar, dan sebuah kantung suede terdapat di dalamnya.

Kurt Cobain memakai gitar tersebut dalam acara MTV Unplugged di New York untuk saluran musik MTV pada 18 November 1993, sekitar lima bulan sebelum dia ditemukan tewas bunuh diri di rumahnya pada usia 27 tahun. Lagu ‘About a girl’ dan ‘All apologies’ adalah dua diantara lagu-lagu yang dibawakan Nirvana saat itu. Pertunjukan musik itu lalu disiarkan di MTV dan rekamannya dijual dalam bentuk album dan menjadi pertunjukan Nirvana yang paling dikenal karena terjadi tidak lama sebelum si legenda melakukan bunuh diri.

Selain gitar, Peter Freedman mendapatkan hardshell, beberapa dawai dan pick. (Julien’s Auction)

Pemenang lelang gitar Kurt Cobain adalah Peter Freedman pengusaha asal Australia pemilik perusahaan alat musik RODE Microphones. “Musisi dan artis telah mendukung keluarga kami sejak tahun 1960-an. Kami telah berada dalam dunia ini sangat lama dan kami sangat beruntung dengan RODE dan mampu membayar (dukungan) dengan mengeluarkan sedikit uang,” ujar Peter Freedman seperti dilansir dari Guitarworld. RODE adalah merek mikrofon terkemuka bermutu tinggi yang banyak dipakai oleh seniman dan musisi. Peter Freedman berencana membawa gitar Kurt Cobain yang dia menangkan berkeliling dunia dalam sebuah tur barang-barang kenangan para musisi dan seniman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top