skip to Main Content
Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Konsumsi Bawang Setiap Hari

Ini Alasan Kenapa Kamu harus Konsumsi Bawang Setiap Hari

Bawang merah dan bawang putih adalah dua jenis sayuran yang sering dikonsumsi oleh manusia. Bawang juga menjadi bagian dari bumbu wajib dalam seni menyiapkan makanan di nusantara. Tetapi ternyata bawang lebih bermanfaat bila dikonsumsi dalam keadaan mentah atau hanya dimasak sedikit saja.

Manfaat bawang terutama dalam memelihara kekebalan tubuh dan kesehatan jantung.

Bawang merah adalah antiseptik dan antibiotik yang kuat dan kaya akan vitamin A, B, dan C. Bawang merah juga banyak mengandung asam folat, kalsium, fosfor, magnesium, kromium, besi, dan serat. Kerjasama antara vitamin C, quercetin, dan isothiocyanate dalam bawang merah mampu meredakan demam dan flu.

Bawang putih adalah sumber yang baik bagi vitamin B1, B5, riboflavin, kalsium, besi, seng, potasium, dan selenium. Seluruh kandungan ini berperan besar bagi sistem kekebalan tubuh, sedemikian penting sehingga mencapai posisi dimana bila dikonsumsi secara teratur dapat mencegah demam, virus, dan flu.

Bawang putih juga memiliki kemampuan penting lain yaitu untuk menurunkan tingkat kolesterol dan melindungi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Darah merah di dalam tubuh mengambil belerang dari senyawa polisulfida yang terkandung di dalam bawang putih dan mempergunakannya untuk membuat H2S. H2S pada gilirannya berguna untuk menjaga pembuluh darah tetap terkembang dan menjaga tekanan darah. Kandungan ajoene pada bawang putih adalah belerang organik yang terdiri dari sulfoksida dan disulfida yang melindungi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Manfaat keduanya dapat dinikmati secara maksimal bila bawang merah dan bawang putih dikonsumsi setiap hari dalam takaran minimal, yakni sedikitnya dua sendok teh bawang putih dan dua sendok makan bawang merah. Kedua sayur ini harus dihancurkan dan dicincang saat dikonsumsi. Kiat menyiapkan bawang adalah Pertama, bawang sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah atau digoreng sedikit saja. Kedua, bawang harus dihancurkan dengan ditekan menggunakan pisau atau ulekan untuk mengeluarkan minyaknya yang penuh manfaat. Minyak alami itu akan lebih mudah dicerna oleh tubuh saat dikonsumsi.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top