skip to Main Content
Ini Arti Social Distancing Dan Self Quarantine Dalam Mencegah Virus Corona

Ini Arti Social Distancing dan Self Quarantine Dalam Mencegah Virus Corona

Ketika sebaran Virus Corona semakin luas di beberapa daerah  di Indonesia maka himbauan untuk melakukan social distancing naik ke permukaan sebagai usaha pertama untuk mencegah penyebaran wabah mematikan itu. Selain Social Distancing, ada pula anjuran untuk melakukan self quarantine sebagai usaha mandiri untuk memutus mata rantai penyebaran wabah.

Saat ini para peneliti kesehatan memperkirakan bahwa vaksin untuk covid-19 baru akan bisa dibuat dengan aman dan diproduksi secara massal dalam waktu antara 12 sampai 18 bulan ke depan, yakni antara Maret sampai September 2021. Sementara menunggu vaksin yang masih butuh waktu lama untuk diwujudkan, maka muncul seruan untuk melakukan social distancing dan self quarantine.

Jarak aman antar orang agar tidak terkena virus corona adalah 1,8 meter atau 6 kaki. (countynewscenter)

Social distancing adalah usaha secara sadar dari seorang warga untuk menjaga jarak dengan warga lainnya. Jarak yang dianjurkan untuk dijaga antar orang adalah sekitar 180 sampai 200 sentimeter. Social distancing juga menganjurkan untuk tidak menyentuh orang lain, termasuk untuk bersalaman dan terlalu banyak menyentuh benda-benda di ruang publik. Cara ini tidak sepenuhnya menghenatikan penyebaran virus corona tetapi metode ini akan berperan banyak dalam mengurangi kemungkinan penyebaran virus corona dari orang ke orang.

Virus Corona menyebar melalui tetesan air yang disemburkan saat seseorang bersin atau batuk. Jarak jangkau semburan tetesan air ini bervariasi antar orang tetapi jarak 180 sentimeter dianggap cukup aman untuk terhindar darinya. Virus corona yang telah tersembur keluar akan mampu bertahan sampai 5 hari dan bila menempel di tempat umum maka akan berpotensi menyebar ke manusia lain. Social distancing menyarankan orang untuk mengurangi menyentuh benda-benda di ruang publik seperti meja, pagar tangga berjalan, tombol lift, kursi angkutan umum, dan bahkan uang kertas.

Penyebaran covid-19 yang tidak terkendali akan membuat jumlah penderita melebihi daya tampung Rumah Sakit. Social Distancing adalah cara untuk mengendalikannya. (pbs.org)

Baca juga:

NASA meminta pegawainya bekerja dari rumah karena virus corona.

Tom Hanks adalah orang paling terkenal saat ini yang terkena covid-19. Dia kini melakukan karantina.

Self quarantine adalah karantina yang dilakukan secara sadar tanpa diminta oleh pemerintah atau pihak ketiga. Karantina sendiri dianjurkan untuk dilakukan oleh orang yang menyadari bahwa dalam waktu 14 hari sebelumnya telah berinteraksi dengan orang yang terkena covid-19 atau oleh orang yang merasa memiliki tanda-tanda hendak muncul flu. Masa karantina sendiri ini adalah selama 14 hari dan dapat dilakukan di rumah sendiri. Bila setelah 14 hari tidak muncul tanda-tanda seperti flu atau tanda-tanda sakit hilang sendiri maka mereka boleh mengakhiri masa karantinanya.

Social distancing dan self quarantine bersama kebiasan mencuci tangan perlu dilakukan oleh warga untuk mencegah meluasnya penyebaran covid-19. Social distancing dan self quarantine dapat membantu memutus mata rantai penyebaran virus dan mencegah terjadinya kenaikan jumlah penderita covid-19 melebihi jumlah kapasitas rawat inap rumah sakit setempat. Jika pencegahan mandiri seperti ini tidak dilakukan maka jumlah penderita coronavirus akan melonjak melebihi daya tampung rumah sakit dan menyebabkan kematian pada penderita yang tidak mendapatkan pelayanan medis.

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top