skip to Main Content
Inilah 14 Sumber Utama Vitamin C

Inilah 14 Sumber Utama Vitamin C

Vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaganya agar tetap bekerja seusai fungsi. Vitamin C dalam bentuk alami terdapat dalam berbagai makanan yang ada di sekitar kita.

Vitamin C adalah anti-oksidan yang diperoleh dari tumbuhan dan mudah didapat dalam sayuran dan buah-buahan. Vitamin C membantu fungsi daya tahan tubuh secara keseluruhan dan kebugaran tubuh dengan cara melindungi sel tubuh yang sehat dari kerusakan.
Vitamin C membentuk kolagen yang merupakan jaringan penghubung antar bagian tubuh dan membantu menyembuhkan luka. Vitamin C juga menghalangi perkembangan katarak sehingga menjaga penglihatan tetap sehat. Kecukupan vitamin C menjamin kekebalan tubuh melawan infeksi, demam, flu, dan penyakit lainnya.
Cabe
Ini adalah sumber vitamin C yang sangat pedas tetapi juga yang paling kaya. Seperempat mangkuk cabe rawit yang dipotong-potong mengandung 91 miligram vitamin C.
Jeruk dan Jus Jeruk
Jeruk dengan ukuran rata-rata menyediakan sampai dengan 70 miligram vitamin C, setara dengan 78 persen kebutuhan harian yang sebaiknya dipenuhi. Jika hendak dijadikan jus, sebaiknya tidak ditambahkan gula dan air. 170 gram jus jeruk mengandung sekitar 93 miligram vitamin C.
Jambu Biji
Setengah potong jambu biji berukuran sedang mampu menyediakan 63 miligram vitamin C. Jambu biji juga adalah sumber serat yang sangat baik.
Daun sup
Dua sendok makan daun sup mengandung 10 miligram vitamin C, setara dengan sekitar 11 persen kebutuhan harian vitamin C.
Bayam
Setengah mangkuk bayam yang telah dimasak akan memberikan asupan 9 miligram vitamin C.
Kubis
setengah mangkuk kubis yang telah dimasak menyediakan 60 persen kebutuhan harian vitamin C.
Kiwi
satu buah kiwi berukuran sedang menyediakan hampir 70 persen dari kebutuhan vitamin C harian. Kiwi cocok dimakan sebagai sarapan atau cemilan sehat sepanjang hari.
Lemon
Setengah mangkuk jus lemon menyediakan lebih dari separuh kebutuhan harian vitamin C. Menambahkan potongan lemon ke dalam air minum juga disarankan.
Tomat dan Cung Kediro
Buah yang kerap menjadi bagian dari masakan ini adalah sumber vitamin C yang bagus. Satu mangkuk cung kediro menyediakan 30 persen dari kebutuhan vitamin C harian.
Kacang Polong
100 gram kacang polong atau kacang polong manis menyediakan 100 persen kebutuhan harian vitamin C.
Kentang
Kentang ukuran sedang yang dimasak akan menyediakan kebutuhan harian vitamin C sebanyak 30 persen.
Kembang Kol
Bahan pembuat sop dan cap cai ini bila disediakan dalam setengah mangkuk saja sudah mampu menyediakan sepertiga kebutuhan vitamin C harian.
Nanas
Nanas mudah ditemui dalam makanan Sumatera Selatan dan sangat kaya akan vitamin C. Konsumsi nanas menyediakan 131 persen vitamin C yang direkomendasikan setiap hari.
Mangga
Mangga dikenal kaya akan beta-karoten dan vitamin C. 60 miligram vitamin C terdapat dalam satu mangkuk mangga potong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top