skip to Main Content
Inilah 5 Manfaat Makan Telur Setiap Hari

Inilah 5 Manfaat Makan Telur Setiap Hari

Telur adalah makanan yang punya banyak manfaat dan terjangkau. Memakan telur setiap hari tidak menimbulkan masalah kesehatan, malah sebaliknya, memberi banyak efek positif bagi kesehatan.
Telur adalah makanan super. Bersama dengan susu, telur mengandung banyak senyawa yang sehingga membuatnya sulit disaingi oleh makanan lain. Sebutir telur mengandung 75 kalori, 7 gram protein bermutu sangat tinggi, 5 gram lemak, 1, 6 gram lemak jenuh, ditambah dengan vitamin, carotenoid, besi, dan mineral lainnya.
Telur juga mudah dimakan, disukai oleh orang dari semua usia, cocok dimakan bersama berbagai jenis makanan lain, dan tidak mahal. Akhir kata, telur benar-benar makanan super untuk semua.
Tetapi apakah berbahaya bila mengkonsumsi terlalu banyak telur?. Tidak ada angka pasti mengenai jumlah maksimal konsumsi telur setiap hari, tetapi memakan satu sampai tiga buah telur per hari dianggap sangat aman. Dan karena mengandung banyak bahan bermanfaat, konsumsi telur setiap hari akan memberikan dampak baik bagi tubuh. Berikut ini lima diantaranya.
Menjauhkan Dokter
Seperti yang telah disebutkan di atas, telur mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk diantaranya seng, selenium, vitamin A, dan B12. Keempatnya dikenal memiliki kemampuan untuk menaikkan secara drastis daya tahan tubuh. Kuning telur mengandung vitamin D yang juga memberi pengaruh oada daya tahan tubuh dan membantu pemulihan bagi mereka yang baru sembuh dari sakit.
Dengan pertahanan selengkap itu, kamu tidak akan mudah jatuh sakit dan membuatmu jauh dari dokter.
Meningkatkan Kesehatan Otak
Telur mengandung vitamin B6, vitamin B12, folat, dan kolin yang membantu menjaga kesehatan otak.
Vitamin B12 menjaga tingkat gula di dalam otak sedangkan vitamin B memperlambat penurunan mental pada orang lanjut usia. Kekurangan folat dikaitkan dengan munculnya kasus depresi pada orang-orang dan demensia pada mereka yang lanjut usia. Kolin adalah nutrisi yang berfungsi menjaga perasaan dan ingatan.
Menaikkan Jumlah Kolesterol Baik
LDL atau kolesterol jahat menyebabkan masalah jantung, ini berbeda dengan HDL atau kolesterol baik. HDL membawa kelebihan kolesterol di dalam darah dan membawanya ke hati dimana kolesterol berlebih itu dihancurkan dan dibawa keluar dari tubuh. Selain rajin berolahraga dan berhenti merokok, jumlah HDL juga dapat dinaikkan dengan mengkonsumsi telur. Jumlah HDL yang disarankan adalah 60 miligram per desiliter.
Menyehatkan Kulit
Selain bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, selenium juga memiliki dampak luar biasa bagi kulit.
Selenium mampu melindungi kulit dari kanker, kerusakan akibat sinar matahari, dan bintik-bintik penuaan. Konsumsi dua buah telur masak akan menyediakan 56 persen dari kebutuhan total harian yang direkomendasikan untuk selenium.
Menurunkan Berat Badan
Konsumsi telur akan menurunkan berat badan. Ini terjadi karena memakan telur membuat perut menjadi kenyang dalam waktu yang lebih panjang, Akibatnya dapat mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi makanan lain. Berkurangnya jumlah makanan yang dikonsumsi akhirnya menyebabkan penurunan berat badan.
Telur adalah kombinasi papan atas antara protein dan lemak membuatnya lebih mengenyangkan dna mengurangi rwsa ingin makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top