skip to Main Content
Inilah 6 Manfaat Lidah Buaya Yang Kamu Harus Tahu

Inilah 6 Manfaat Lidah Buaya yang Kamu Harus Tahu

Lidah buaya atau aloe vera memiliki banyak manfaat unik, satu diantaranya bahkan relatif baru diketahui. Manfaat itu diantaranya dalam bidang kesehatan dan pemeliharaan kesegaran.

Lidah buaya adalah tumbuhan yang berasal dari Afrika Utara namun kini telah ditumbuhkan di berbagai wilayah tropis di penjuru dunia. Tumbuhan dengan daun tebal berair ini memiliki banyak manfaat medis yang telah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Penelitian modern telah menegaskan kebenaran manfaat baik lidah buaya, bahkan berhasil pula menemukan khasiat medis terbaru tanaman hijau menyegarkan ini.

Berikut ini 7 manfaat hebat lidah buaya bagi kesehatan kamu.

Menyembuhkan heartburn

Pada kondisi tertentu asam yang berada dalam saluran pencernaan di perut melonjak naik ke batang tenggorok menyebabkan rasa terbakar pada bagian bawah dada.

Mengkonsumsi 28 sampai 85 gram daging lidah buaya pada jam makan dapat meredakan rasa sakit yang disebut heartburn itu. Perlakuan yang sama juga dapat menyembuhkan masalah lain yang terkait dengan masalah pencernaan.

Pencahar alami

Lidah buaya telah lama dikenal sebagai alat pembersih perut. Mengkonsumsi sedikit ekstrak lidah buaya akan membantu menyelesaikan masalah perut kembung dan sembelit.

Pencuci mulut

Penelitian tahun 2014 berjudul ‘Preliminary antiplaque efficacy of aloe vera mouthwash on 4 day plaque re-growth model: randomized control trial’ menunjukkan bahwa lidah buaya adalah alternatif yang lebih aman dan efektif bagi produk pencuci mulut kimia buatan pabrik.

Lidah buaya mengandung dosis vitamin C yang memadai yang saat dipergunakan sebagai cairan berkumur akan dapat mencegah pertumbuhan karang gigi dan mengurangi gusi yang bengkak dan berdarah.

Menjaga Kesegaran buah

Penelitian yang berjudul ‘Effects of Aloe vera coating on postharvest quality of tomato’ yang terbit pada 2014 di laman Cambridge University Press menunjukkan bahwa tomat yang diolesi gel lidah buaya tetap segar dalam waktu lebih lama. Gel lidah buaya berhasil mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya pada permukaan kulit buah. Percobaan serupa yang dilakukan tim lain kepada buah apel juga menunjukkan hasil serupa.

Lidah buaya menunjukkan potensi menjadi pengawet yang aman sehingga akan mengurangi penggunaan zat kimia yang berbahaya untuk mengawetkan buah-buahan.

Menurunkan Gula Darah

Mengkonsumsi dua sendok makan jus lidah buaya per hari dapat menurunkan tingkat gula darah pada orang yang menderita diabetes tipe-2 berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Phytomedicine: International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy. Hasil yang sama didapatkan oleh penelitian oleh tim lain dengan mempergunakan pulp lidah buaya.

Ini menunjukkan bahwa di masa depan lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk merawat penderita diabetes.

Perawatan Kulit

Lidah buaya yang berasal dari tepi sebelah utara benua Afrika hidup di lingkungan yang kering. Agar dapat bertahan mereka mengembangkan kemampuan untuk menyimpan air di dalam daunnya. Itu menghasilkan daun yang kaya air dan dilengkapi dengan senyawa bermanfaat bernama complex carbohydrates. Kombinasi kedua hal itu membuat lidah buaya menjadi pelembab wajah sekaligus penghilang luka yang efektif.

Memerangi Kanker Payudara

Manfaat terbaru lidah buaya adalah untuk memerangi kanker payudara.

Penelitian yang berjudul ‘Emodin and Aloe-Emodin Suppress Breast Cancer Cell Proliferation through ERĪ± Inhibition’ mengkaji manfaat senyawa aloe emodin pada daun lidah buaya. Hasilnya menunnukkan bahwa senyawa itu memiliki fitur terapis yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Tetapi manfaat terbaru ini masih memerlukan lebih banyak penelitian lagi untuk meneguhkannya.

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top