skip to Main Content
Inilah Nilai Kekayaan Bos UFC Dana White

Inilah Nilai Kekayaan Bos UFC Dana White

UFC adalah perusahaan pelaksana pertandingan beladiri campuran terbesar di dunia. Beberapa nama terbesar dalam dunia mix martial art berada dalam naungan UFC, sebut saja dua diantaranya, yakni Khabib Nurmagomedov dan musuh bebuyutannya, Conor McGregor.
UFC dipimpin oleh Dana White sejak tahun 2001. Pria berkepala plontos ini menjabat sebagai Presiden UFC sekaligus pemilik sahamnya. Saat itu UFC masih berupa perusahaan kecil yang terancam bangkrut karena masalah dengan peraturan olahraga keras dan penonton yang terbatas.
Dana White adalah manajer bagi dua orang petarung papan atas UFC di masa awal, yakni Tito Ortiz dan Chuck Liddell. Ketika dia mendengar pemilik UFC hendak menjual bisnisnya, Dana White mengajak temannya Lorenzo Fertitta untuk membeli UFC. Lorenzo Fertitta adalah pendiri dan pengelola Station Casinos di Las Vegas. Lorenzo Fertitta dan kakaknya kemudian membeli UFC dengan harga 28 miliar rupiah dan menempatkan Dana White sebagai presidennya.
Meski sedikit lambat di awal, tetapi Dana White berhasil membawa perubahan bagi UFC. Pada tahun 2016 Lorenzo Fertitta menjual seluruh sahamnya di UFC kepada grup Endeavor dengan harga 56,7 triliun. Sebagai pemilik baru UFC, Endeavor mengendalikan UFC bersama Flash Entertainment yang dimiliki oleh Pemerintah Uni Emirat Arab yang memiliki saham sebesar 10 persen. Hal yang mungkin belum banyak diketahui adalah, Dana White bukan hanya dipertahankan sebagai presiden UFC di bawah Endeavor, tetapi dia juga ternyata memiliki paham sebesar 9 persen.
Dengan kepemilikan saham itu, setiap tahun Dana White berhak mendapatkan 9 persen dari keuntungan bersih UFC diluar gaji bulanannya sebagai presiden. Untuk tahun 2019 yang lalu dikabarkan dia mendapatkan pembagian laba sebesar 283,5 miliar.
Lalu, berapa jumlah kekayaan Dana White?
Menurut laman Wealthy Gorilla, kekayaan Dana White ditaksir sebesar 7 triliun rupiah. Kerja kerasnya mengubah UFC dari sebuah perusahaan yang nyaris bangkrut menjadi salah satu merek paling dikenal dan menguntungkan di dunia rupanya berbuah manis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top