skip to Main Content
Jack Ma Dan Bill Gates Sumbangkan 270 Miliar Untuk Membendung Coronavirus

Jack Ma dan Bill Gates Sumbangkan 270 Miliar Untuk Membendung Coronavirus

Jack Ma dan Bill Gates menyumbankan ratusan miliaran rupiah untuk pencegahan dan penanganan wabah coronavirus. Perusahaan besar dunia juga ikut menggalang dana dan menyumbang, termasuk TikTok dan Huawei.

Tokoh-tokoh terkenal dunia bahu membahu membantu menangani penyebaran virus corona. Melalui yayasan pribadi atau perusahaan yang dimiliki, mereka menyumbang dan menggalang dana yang diserahkan kepada pihak-pihak yang berwenang.

Jack Ma telah mengumumkan bahwa dia akan menyumbangkan dana sebesar Rp 191 miliar melalui yayasan Jack Ma. Dana itu akan ditujukan untuk membantu usaha pengembangan vaksin melawan virus corona. Sumbangan itu akan diberikan kepada dua lembaga penelitian milik pemerintah RRT yang masing-masing akan menerima sebesar dana sebesar Rp 79 miliar. Kedua lemabaga itu berusaha untuk melakukan pencegahan dan pengobatan melawan wabah corona.

Pasangan Bill dan Melinda Gates menyatakan akan menyumbang Rp 136,5 miliar untuk para petugas lapangan di China dan Afrika yang berhadapan langsung dengan coronavirus. Setengah dari dana itu akan dipergunakan dalam membiiayai kerjasama internasional melawan coronavirus.

Perusahaan perdagangan daring China Alibaba berkomitmen untuk menggalang dana sampai Rp 2 triliun. Dana itu akan dipergunakan untuk membantu rumah sakit-rumah sakit di Wuhan membeli kebutuhan medis yang sangat diperlukan dalam menangani Korban coronavirus.

Bentuk Virus Corona. (DPA)

Perusahaan pemilik TikTok tidak ingin ketinggalan. Baidu, Tencent, dan ByteDance menyatakan akan menyiapkan dana sampai Rp 1,6 triliun untuk keperluan penelitian obat bagi coronavirus dan membantu meringankan beban Pemerintah RRT di daerah yang paling terdampak oleh virus mematikan itu. Sedangkan perusahaan teknologi raksasa dunia Huawei mengambil peran dengan membangun Rumah Sakit Huoshenshan di Wuhan. Rumah sakit ini khusus untuk menangai pasien virus corona.

Eropa juga terpanggil. Pemilik merek fesyen terkumuka LV yang juga adalah orang terkaya ketiga di dunia Bernard Arnault berjanji memberikan dana sebesar Rp 31,5 miliar. Sementara rekannya sesame miliuner asal Perancis Francois Pinault menyumbang Rp 13,6 miliar. Sementara itu Microsoft, Dell, L’Oreal and Cargill secara kolektif menyumbangkan Rp 19 miliar kepada Palang Merah China dan Pemerintah Provinsi Hubei, tempat dimana virus mematikan itu pertama menyebar.

Sampai saat ini Coronavirus telah meminta lebih dari 100 nyawa sejak kemunculannya. Ahli wabah di Universitas Hong Kong mengaku telah menemukan vaksin untuk menyembuhkan coronavirus tetapi mereka membutuhkan waktu lebih banyak untuk melakukan uji coba pada hewan sebelum vaksin itu dapat diberikan kepada manusia secara aman.

Johnson & Johnson mengatakan mereka memiliki sumber daya yang mumpuni untuk menemukan vaksin melawan virus corona tetapi akan membutuhkan waktu satu tahun sampai vaksin itu dapat diproduksi dan disebarkan.  Pemerintah AS juga mengaku sedang mengembangkan vaksin melawan coronavirus. Mereka bahkan menekan Pemerintah RRT agar membuka pintu kerjasama dengan pihak asing agar peneliti dari luar RRT bisa mengamati langsung di lapangan dan mendapatkan data mentah untuk diolah. Pemerintah AS mengaku telah tiga kali menawarkan bantuan kepada RRT sejak 6 Januari lalu.

Semoga wabah ini dapat segera diatasi dan dunia kembali menjadi tempat yang menyenangkan untuk dijelajahi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top