skip to Main Content
Jika Tidak Bisa Mencium Dua Bau Ini Kamu Mungkin Terkena Covid-19

Jika Tidak Bisa Mencium Dua Bau Ini Kamu Mungkin Terkena Covid-19

Jika kamu tidak bisa mencium kedua bau ini maka kemungkinan besar kamu tertular covid-19 dan sebaiknya segera bertemu dokter. Tes sederhana ini didasarkan pada sebuah penelitian di India yang dapat dilakukan di rumah-rumah.

Sejak awal pandemi covid-19 merebak para peneliti telah mengenali satu penanda unik yang membedakan covid-19 dari flu biasa. Penanda itu adalah hilangnya kemampuan untuk membaui atau kemampuan untuk mengenali rasa. Berbagai kasus covid-19 di China, Italia, dan Korea Selatan menunjukkan adanya pasien dengan gejala kehilangan kemampuan membaui dan merasakan. Hal yang sama dilaporkan terjadi pula di Amerika Serikat.
Menurut oakar dari Universitas Vanderbilt, virus SARS-CoV-2 mampu menyebabkan reaksi peradangan pada bagian dalam hidung yang berujung kepada hilangnya saraf-saraf penciuman. Kehilangan ini menyebabkan hilangnya kemampuan mencium bebauan, terutama bebauan tertentu. Hilangnya kemampuan pembauan ini bersifat sementara dan akan sembuh setelah pulih dari covid-19 tetapi dalam sebagian kasus lainnya kehilangan indra pembau ini bersifat permanen.
Sebuah penelitian permulaan di India mencoba menyiapkan metode pemeriksaan dini covid-19 berdasarkan kemampuan membaui. Penelitian “Utility of olfactory test as screening tool for covid-19: a pilot study,” yang terbit di laman arsip jurnal medRxiv pada September 2020 melakukan penelitian atas metode sederhana yang dapat diterapkan dengan mudah untuk mendeteksi penularan covid-19.
para peneliti menyiapkan lima bahan yang mengeluarkan bau yang unik yang kuat sehingga mudah dikenali. Kelima bahan itu adalah pepermin, adas, minyak kelapa, bawang putih, dan kapulaga. Uji bau ini dilakukan atas 49 orang yang positif terkena Covid-19 tetapi tidak menunjukkan gejala dan 35 peserta yang diawasi secara khusus. Hasilnya menunjukkan bahwa beberapa bau sulit dicium oleh penderita Covid-19.
37 persen penderita Covid-19 mengaku kesulitan membaui pepermin. Penelitian yang sama juga memberikan hasil 22 persen sukarelawan gagal membaui minyak kelapa.
Meski masih berupa penelitian awal tetapi hasil penelitian dapat dijadikan metode untuk pemeriksaan cepat secara luas untuk mendeteksi kehadiran covid-19 dalam sebuah kelompok besar masyarakat. Setiap warga bisa melakukan percobaan sendiri di rumah yang hasilnya dapat mereka jadikan dasar untuk melakukan isolasi mandiri dan melapor kepada tenaga kesehatan terdekat.
Kamu pun bisa melakukannya sendiri di rumah, sekadar untuk memastikan dirimu sehat dan mencegah penularan covid-19 kepada orang-orang tersayang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top