skip to Main Content
Jiwasaraya, Kata Dalam Bahasa India Yang Bagus Dijadikan Nama

Jiwasaraya, kata dalam bahasa India yang bagus dijadikan nama

Traveler pasti pernah mendengar kata ‘jiwasraya’. Kata ini adalah gabungan dari dua kata dari bahasa sansekerta yang memiliki arti yang bagus sekali.

‘Jiwasraya’ populer di Indonesia karena menjadi nama sebuah perusahaan asuransi di tanah air. Ternyata, kata itu memiliki arti yang sangat bagus sehingga bisa kamu pertimbangkan untuk menjadi nama anak atau keponakan. Jiwasraya terdiri dari dua kata serapan yang digabungkan, yakni ‘Jiwa’ dan ‘Sraya’.

Sraya adalah kata serapan dari bahasa Sansekerta yang berasal dari India. Sraya dalam bahasa Sansekerta memiliki arti ‘pejuang tuhan’ dan ‘bercahaya’. Kata ‘sraya’ berkaitan dengan kata ‘Shreya’ yang juga adalah kata dalam bahasa Sansekerta.

Shreya adalah kata yang memiliki arti ‘indah’, ‘sejahtera’, ‘beharga’ dan ‘mendatangkan keuntungan’. Shreya juga dihubungkan dengan dewi Lakshmi dalam kebudayaan India, dia adalah dewi yang bertanggungjawab atas kemakmuran, nasib baik, kesejahteraan, dan keindahan.

Dengan arti yang begitu bagus, kata ‘Sraya’ dan ‘Shreya’ bisa kamu pertimbangkan untuk menjadi nama bagi anak atau keponakanmu. Hal yang berbeda terjadi dengan kata ‘Jiwa’.

Jiwa adalah kata dalam bahasa Indonesia yang juga diserap dari bahasa Sansekerta. Kata aslinya adalah ‘jiva’ dan memiliki arti ‘zat hidup’ atau ‘roh’ yang dalam bahasa Inggris setara dengan ‘Soul’. Karena telah diserap lama ke dalan bahasa Indonesia maka kata ‘Jiwa’ telah dipahami sebagai sesuatu yang berada di dalam tubuh manusia, terkait roh di dalam tubuh jasmani seseorang.

Paduan dari kata ‘Jiwa’ dan ‘Sraya’ itu membentuk ‘jiwasraya’ yang berarti ‘jiwa yang indah’ atau ‘jiwa yang sejahtera. Arti yang sesuai untuk dijadikan nama sebuah perusahaan asuransi tetapi perlu pertimbangan lebih jika ingin dijadikan nama bayi. Kata ‘sraya’ atau ‘shreya’ mungkin akan lebih baik dan terdengar eksotik bagi nama si buah hati, nama yang juga menjadi doa bagi mereka.

sumber : Foto bayi dari pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top