skip to Main Content
Konser Era Pandemi, The Flaming Lips Dan Penonton Ada Dalam Gelembung Plastik

Konser Era Pandemi, The Flaming Lips dan Penonton ada dalam Gelembung Plastik

Konser musik dengan memerhatikan protokol kesehatan digelar di Amerika Serikat dimana musisi dan penonton sama-sama berada di dalam gelembung plastik. Konser ini digelar oleh band kawakan The Flaming Lips di Kota Oklahoma, kota asal band alternatif-psikedelik rock tersebut.
Konser ini adalah pertunjukan musik sungguhan yang sekaligus menjadi ajang rekaman untuk musik video terbaru The Flaming Lips. Konser digelar di gedung pertunjukan The Criterion yang dihadiri oleh 200 orang penggemar berat grup musik dengan vokalis Wayne Coyne. Semua anggota The Flaming Lips berada di atas panggung di dalam gelembung, begitu pula ratusan penggemar mereka.
The Flaming Lips merasa gembira dengan adanya konser dengan ratusan gelembung ini. Penonton pun merasa antusias. Penyelenggara meminta para penggemar yang tertarik untuk mencoba menghadiri konser musik dalam sebuah gelembung untuk hadir di lokasi pertunjukan antara pukul 06:30 sampai 07:30 pagi. Ternyata para penggemar telah sepenuhnya datang sebelum jam yang ditentukan.
Sesungguhnya The Flaming Lips tidak asing dengan gelembung plastik. Mereka menyebut bola tembus pandang seukuran manusia itu dengan nama ‘Space Bubble’. Dalam beberapa pertunjukan sebelumnya, sang Vokalis Wayne Coyne kerap tampil di dalam gelembung. Dia lalu beraksi di panggung bahkan sampai melompat ke arah penonton. Tetapi di masa itu hanya dia sendiri yang memakai gelembung dan anggota grup yang lain tidak. Kini gaya panggung yang eksentrik itu tanpa sengaja bersesuaian dengan kondisi terkini.
Covid-19 menyebar melalui virus yang mampu hidup melayang-layang di udara dan menempel di berbagai benda, termasuk di permukaan tubuh manusia sebelum masuk dan menjangkitinya. Otoritas kesehatan menyarankan agar warga di wilayahnya untuk tetap di rumah. Jika terpaksa keluar rumah, maka mereka harus menjaga jarak aman dari orang lain dan menghindari sentuhan. Jarak aman yang disarankan antara dua individu adalah sekitar dua meter. Akibatnya kerumunan di tempat umum menjadi mustahil dilakukan sehingga kegiatan yang akan mendatangkan banyak orang menjadi dilarang, termasuk di dalamnya kegiatan pertunjukan musik.
Gelembung plastik membuat seseorang bisa hadir di tempat umum tanpa perlu khawatir akan ada orang yang menyentuh dirinya atau bersin di sekitarnya dan gelembung musik di acara musik membuat semua orang yang hadir menjadi relatif aman dari penularan covid-19.
The Flaming Lips telah berhasil membuat pertunjukan dengan setiap orang yang hadir berada di dalam gelembung. Apakah ini akan menjadi prosedur standar operasi bagi setiap pertunjukan musik di masa depan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top