skip to Main Content
Konsumsi Cokelat Bisa Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Jantung

Konsumsi Cokelat Bisa Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Jantung

Penelitian skala besar memberi bukti bahwa konsumsi cokelat secara rutin bisa mengurangi resiko terkena penyakit yang terkait dengan jantung. Cokelat dianggap memiliki sejumlah senyawa penting yang memiliki manfaat medis.

Cokelat bukan hanya memberi sensasi rasa bahagia bagi orang yang menyantapnya, kini cokelat terbukti memberikan manfaat kesehatan penting. Cokelat terbukti bisa membuat orang yang mengkonsumsinya terhindar dari penyakit jantung koroner. Peneliti dari Baylor College of Medicine di Houston, Amerika Serikat melakukan penelitian atas 336.289 sukarelawan dari berbagai kelompok umur yang datang dari Swedia, Australia, dan Amerika Serikat sendiri yang terbagi dalam enam bagian. Masing-masing bagian berlangsung sekitar sembilan tahun sehingga ketiga penelitian secara keseluruhan berlangsung selama tiga puluh tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa hanya 4 persen dari sukarelawan yang terkena penyakit jantung koroner.
Konsumsi cokelat secara teratur lebih dari satu kali dalam seminggu memberi resiko 8 persen lebih rendah terkena penyakit jantung daripada yang mengkonsumsi cokelat hanya satu kali seminggu atau lebih jarang lagi. “Penelitian kami memberi petunjuk bahwa cokelat membantu urat darah yang terhubung dengan jantung tetap sehat,” ujar Dr. Chayakrit Krittanawong dari Baylor College. Mereka menyarankan bahwa nutrisi-nutrisi di dalam cokelat seperti flavanoid, methylxanthine, polyphenol, dan asam stearik mungkin membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kolesterol baik.
Meski memberi pengaruh baik tetapi konsumsi cokelat yang berlebihan tidak memberi manfaat yang sama bagi orang yang mengidap kondisi kesehatan tertentu. “Cokelat dalam jumlah sedang sepertinya melindungi arteri jantung tetapi cokelat dalam jumlah banyak tidak memberikan hasil yang sama,” ujar Dr. Chayakrit Krittanawong lagi. “Kalori, gula, susu, dan lemak dalam produk-produk cokelat yang tersedia secara komersial perlu dipertimbangkan ulang, terutama bagi mereka yang mengidap diabetes dan kelebihan berat badan,” pungkasnya.
Konsumsi cokelat hitam yang rendah gula, susu, dan lemak sebanyak dua atau tiga kali seminggu selain membuat perasaan menjadi bahagia juga membuat aliran darah menjadi lebih sehat. Silakan mencoba!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top