skip to Main Content
Kunyit Terbukti Mampu Meredakan Sakit Pada Persendian

Kunyit Terbukti Mampu Meredakan Sakit Pada Persendian

Konsumsi kunyit mampu meredakan sakit pada persendian yang terkait dengan arthritis. Kemampuan kunyit meredakan sakit pada sendi diduga terkait dengan senyawa curcumin yang terkandung di dalamnya.

Kunyit telah lama dipergunakan di dalam budaya China dan India sebagai bahan untuk mengobati penyakit radang sendi dan kini metode pengobatan kuno itu kembali mendapatkan dukungan dari sains modern. Penelitian terbaru dari Australia menunjukkan bahwa kunyit dapat mengurangi bahkan menghilangkan rasa sakit pada persendian tubuh. Tumbuhan bewarna mencolok dan terlihat serupa jahe itu menunjukkan kinerja yang lebih baik daripada obat pereda nyeri modern.
Sebuah penelitian yang berjudul ‘Effectiveness of curcuma longa extract for the treatment of symptoms and effusion-synovitis of knee osteoarthritis’ yang terbit 15 September 2020 di jurnal Annals of Internal Medicine menunjukkan bahwa kunyit mampu mengurangi sakit persendian dan tidak memberikan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.
Oara peneliti dari Universitas Tasmania di Australia mengumpulkan 70 orang sukarelawan yang berumur lebih dari 40 tahun dan menderita radang sendi pada lutut. 70 sukarelawan ini lalu dikelompokkan menjadi dua, kelompok pertama diberi kapsul kunyit dengan dosis 1000 miligram setiap hari selama 12 minggu dan kelompok kedua tanpa mereka sadari menerima hanya kapsul kosong.
Hasilnya adalah pada akhir masa penelitian kelompok pertama melaporkan bahwa mereka merasakan penurunan rasa sakit pada sendi secara drastis. Mereka juga merasakan bahwa lutut mereka kini bisa berfungsi lebih baik dan penurunan pada rasa sakit pada saat lutut dipergunakan. Penurunan rasa sakit pada lutut ini sangat terasa sehingga empat orang diantaranya berhenti atau mengurangi secara drastis penggunaan obat penghilang rasa sakit lainnya. Semua sukarelawan yang mendapatkan pengobatan kunyit tidak melaporkan adanya efek samping.
Kemampuan menghilangkan rwsa sakit ini diperkirakan disebabkan oleh senyawa curcuma. Curcuma dikenal luas oleh kalangan ilmuwan karena memiliki kemampuan anti-peradangan.
Meski mampu menghilangkan rasa sakit, tetapi kunyit tidak banyak memberi pengaruh pada bagian lain dari penyakit radang sendi. Kunyit tidak mampu memperbaiki kemampuan fisik lutut, cairan pada sendi, dan kesehatan bagian sambungan lutut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top