skip to Main Content
Lensa Kontak Ala Spy, Ada Tampilan Rahasia Dan Kekuatan Super.

Lensa Kontak ala Spy, Ada Tampilan Rahasia dan Kekuatan Super.

Lensa kontak canggih ini memberikan banyak informasi secara rahasia dan mempunyai kemampuan night vision. Berguna untuk semua orang terutama penderita gangguan penglihatan.

Melalui film-film sains-fiksi, sudah lama manusia menunjukkan mimpi mereka mengenai penglihatan yang canggih. Dimana saat mereka melihat ke sebuah restoran maka informasi mengenai restoran muncul di penglihatan mereka, atau saat melihat ke arah jalan maka muncul di penglihatan mereka daftar nama toko dan kantor di jalan itu serta petunjuk arahnya. Semua informasi itu tampil langsung di atas pemandangan yang mereka lihat hanya dengan mata mereka sendiri, tanpa memerlukan alat tambahan seperti kacamata.

Kini mimpi sains-fiksi itu makin mendekati nyata. Perusahaan teknologi tinggi Mojo Vision telah mengungkap sebuah lemsa kontak yang akan mewujudkan visi masa depan itu. Lensa kontak ini menggunakan teknologi display super kecil, ukurannya hanya 0,48 milimeter tetapi memiliki kerapatan piksel 14.000 ppi. Ketika dikenakan, lensa kontak ini tidak menghalangi pandangan penggunanya dan informasi yang muncul dirancang secara sederhana sehingga tidak mengganggu penglihatan.

Awalnya pengguna lensa kontak Mojo Vision tidak akan merasakan perbedaan, mereka melihat dunia seperti biasa. Tetapi saat bola mata melirik ke tepi pandangan maka sejumlah icon akan muncul, dengan menatap ke icon tertentu selama beberapa saat maka sebuah aplikasi akan berjalan dan ditampilkan. Mojo Vision mempergunakan teknologi penjejak pergerakan bola mata sebagai pengganti jari-jari tangan sebagai cara memilih aplikasi.

Semua tampilan pada ponsel pintar dipindahkan ke lensa kontak canggih ini.  Sehingga kelak di masa depan kita tidak perlu lagi membawa ponsel pintar kemana-mana karena saat hendak melihat informasi tertentu, semuanya telah tersedia di lensa kontak. Mojo Vision menyediakan tampilan grafis digital di atas penglihatan mata normal, selayaknya tampilan pada Augmented Reality tetapi melalui lensa kontak. Fitur night vision pun disematkan, sehingga dapat membantu penglihatan pengguna pada malam hari.

Lensa kontak ini akan memiliki baterai yang mampu bertahan sehari penuh lalu dapat diisi daya saat disimpan dalam wadahnya. Kekurangannya adalah lensa kontak ini harus dibersihkan sendiri seperti lensa kontak lainnya yang dapat dipakai berulang-ulang.

Meski produk lensa kontak Mojo Vision masih berupa purwarupa (prototipe) tetapi mereka telah mendapatkan dukungan dana dari investor besar seperti LG, HP Tech Ventures, dan Motorola Solutions untuk mengembangkan dan memproduksi kaca mata super ini. Masih perlu waktu untuk menyempurnakan lemsa kontak ini sehingga dapat diproduksi massal, tetapi setidaknya kita semakin dekat untuk memiliki pandangan super. Perusahaan Mojo Vision masih memerlukan beberapa tahun lagi untuk menyempurnakan lensa kontak ini sebelum bisa dijual kepada umum, jadi, kamu yang berminat harus bersabar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top