skip to Main Content
Manfaat Pepaya Paling Mudah Diserap Tubuh, Cobain Yuk!

Manfaat Pepaya Paling Mudah Diserap Tubuh, Cobain Yuk!

Pepaya dapat mencegah penuaan dini dan kanker payudara. Dua hal itu adalah salah satu dari sejumlah manfaat buah ini bagi kesehatan kamu.
Pepaya adalah buah yang berasal Amerika Tengah tetapi kini telah menyebar luas ke wilayah-wilayah tropis lain di penjuru dunia. Papaya mudah ditemukan di pasar buah bahkan kerap ditanam di halaman rumah penduduk. Buah ini mudah dipelihara dan banyak berbuah sehingga digemari dan diolah menjadi berbagai menu masakan. Di Palembang, pepaya malah dijadikan bahan untuk mengisi pempek, yang disebut dengan nama pempek pistel.
Meski mudah ditemukan dan murah, pepaya memiliki manfaat yang tidak bisa dianggap rendah.

Dalam setiap 152 gram sajian, pepaya mengandung:

Kalori: 59

Karbohidrat: 15 grams

Serat: 3 grams

Protein: 1 gram

Vitamin C: 157% dari RDI

Vitamin A: 33% dari RDI

Folat (vitamin B9): 14% dari RDI

Potassium: 11% dari RDI

Beserta kalsium, magnesium dan vitamin B1, B3, B5, E dan K.

RDI adalah kependekan dari ‘Reference Daily Intake’ atau ‘Asupan Harian yang disarankan’. Berdasarkan tabel di atas, maka memakan pepaya setiap hari sama dengan telah memenuhi sepertiga dari kebutuhan manusia atas Vitamin A. Berbagai kandungan nutrien dan antioksidan itu pun memiliki manfaat luar biasa.

Mencegah penyakit

Pepaya mengandung antioksidan karotenoid, terutama yang bernama likopen. Antioksiden ini dapat menetralkan radikal bebas, yakni molekul reaktif sisa metabolisme tubuh yang dapat memicu kemunculan penyakit. Khusus likopen, antioksidan ini dapat menghilangkan zat besi yang berlebihan di dalam tubuh. Zat besi ini juga dapat menimbulkan radikal bebas.

Selain likopen, antioksidan-antioksidan ini terdapat pula di buah dan sayur lain tetapi pada pepaya mereka lebih mudah diserap oleh tubuh. Suatu keunggulan yang menjadi alasan utama mengapa kamu harus rutin mengkonsumsi pepaya.

Kanker Payudara

Penelitian ‘Screening of antiproliferative effect of aqueous extracts of plant foods consumed in México on the breast cancer cell line MCF-7.’ yang terbit pada 2009 menyebutkan bahwa dari 14 buah dan sayur yang diuji oleh para peneliti hanya pepaya yang menunjukkan kemampuan anti-kanker pada sel kanker payudara.

Membantu pencernaan

Enzim papain pada Pepaya dapat dengan mudah membongkar rantai protein yang teguh, akibatnya daging menjadi lebih mudah dicerna. Papain juga dapat membantu mengusir sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Maag

Biji, daun, dan akar pepaya memiliki khasiat untuk meredakan penyakit maag berdasarkan penelitian berjudul ‘Ethnopharmacological reports on anti-Buruli ulcer medicinal plants in three West African countries‘ yang terbit tahun 2015 memberikan petunjuk adanya hubungan antara konsumsi pepaya dengan berkurangnya sakit maag.

Merawat kulit

Kerjasama antara vitamin C dan likopen juga membantu melindungi kulit. Keduanya mampu mengurangi keriput dan tanda penuaan lainnya. Juga mengurangi kerusakan pada kulit akibat terpapar sinar matahari.

Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin C dan likopen pada pepaya dapat merawat kesehatan jantung dan meningkatkan efek perlindungan yang diberikan oleh kolesterol baik HDL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top