skip to Main Content
Ternyata Manusia Masih Berevolusi, Ini Buktinya

Ternyata Manusia Masih Berevolusi, Ini Buktinya

Manusia ternyata masih melakukan evolusi pada tubuhnya. Peneliti menemukan setidaknya dua bukti yang menunjukkan bahwa tubuh manusia masih melakukan perubahan sampai saat ini.
Evolusi pada manusia adalah konsep yang dipelajari oleh anak-anak di sekolah. Orang-orang mengira bahwa evolusi telah selesai dan manusia telah mencapai bentuknya yang paling sesuai, tetapi ternyata itu tidak terjadi. Manusia masih mengalami evolusi walau dalam skala yang lebih kecil, atau yang disebut dengan istilah ‘evolusi mikro’.
Evolusi mikro pada manusia modern terjadi pada bagian kepala dan tangan.
Manusia modern memiliki wajah yang semakin pendek sehingga membuat mulut ikut menciut ukurannya. Mulut yang mengecil membuat ruang yang tersedia semakin sempit sehingga membuat rahang semakin kecil. Akibatnya, ruang yang tersedia bagi gigi untuk tumbuh semakin berkurang, itu membuat beberapa gigi harus dikorbankan. Gigi yang mesti dihilangkan itu adalah gigi geraham bungsu.
Gigi geraham bungsu adalah gigi geraham dewasa yang paling akhir muncul. Geraham ini baru muncul ketika seseorang mencapai usia 17 tahun dan paling lambat muncul di usia 25 tahun. Tetapi di masa sekarang terdapat makin banyak bayi yang lahir tanpa gigi geraham bungsu.
Bentuk evolusi mikro lain ada pada tangan manusia. menurut penelitian yang berjudul ‘Recently increased prevelance of the human median artery of the forearm: a microevolution change’ yang terbit 10 September 2020 di Journal of Anatomy menyebutkan bahwa manusia dewasa memiliki pembuluh darah arteri tambahan yang disebut arteri median.
Secara normal arteri median tumbuh pada masa pertumbuhan bayi selama dalam kandungan. Tetapi ketika bayi lahir, arteri median akan berangsur-angsur menghilang dan digantikan tugasnya mengalirkan darah ke tangan oleh arteri radial dan arteri ulna. Tetapi sekarang ini makin banyak orang dewasa yang memiliki arteri media. Menurut jurnal tersebut, kini 1 dari tiga orang mempertahankan keberadaan arteri median sampai mereka tumbuh dewasa. Untungnya penambahan arteri ini tidak memengaruhi fungsi tubuh manusia.
Para peneliti memperkirakan bahwa jika trend evolusi ini terus berlangsung maka pada 2100 nanti semua orang dewasa akan memiliki arteri media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top