skip to Main Content
Minum Coklat Hangat Membuat Kamu Lebih Pintar

Minum Coklat Hangat Membuat Kamu Lebih Pintar

Minum coklat hangat ternyata bisa meningkatkan kecerdasan otak. Peningkatan kecerdasan setelah meminum coklat ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan di Inggris.
Sekelompok ilmuwan di Universitas Birmingham menemukan bahwa meminum coklat hangat meningkatkan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan secara cepat satu seri uji mental yang rumit. Peningkatan itu terjadi sebesar 11 persen lebih tinggi daripada orang yang tidak mengkonsumsi coklat hangat.
Para peneliti di Universitas Birmingham mengumpulkan 18 pria yang sehat dan bugar dalam rentang usia 18 sampai 40 tahun. Peneliti juga memakai alat spektroskopi untuk mengukur tingkat oksigen di dalam darah. Para peserta diminta untuk mengerjakan soal tes kognitif rumit progresif sebanyak dua kali, masing-masing satu kali sebelum dan sesudah meminum coklat hangat.
Hasilnya menunjukkan bahwa peserta yang meminum coklat hangat mengalami peningkatan jumlah oksigen di dalam darah sampai tiga kali lipat dibandingkan dengan peserta yang tidak meminum coklat hangat.
Tapi kenaikan ini terjadi hanya pada individu yang sebelumnya mengalami kekurangan pasokan oksigen dalam darah. Sementara bagi mereka yang tubuhnya sangat bugar dan telah memiliki jumlah oksigen yang memadai di dalam darahnya, tidak terjadi kenaikan jumlah oksigen dalam darah setelah meminum coklat hangat.
Peneliti menemukan kaitan antara coklat hangat dan kenaikan jumlah oksigen dalam darah melalui peran senyawa flavanol. Flavanol adalah senyawa yang terkandung dalam biji cokelat dan dikenal memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kini Flavanol diduga berperan dalam membantu darah agar mampu mengangkut lebih banyak oksigen. Kini Flavanol diduga memiliki manfaat pula dalam meningkatkan kesehatan otak dengan cara menaikkan pasokan oksigen melalui darah ke otak.
Hasil penelitian ini memberi petunjuk penting, jika kamu sedang dihadapkan pada tugas yang berat dan membutuhkan banyak konsentrasi dan berfikir maka sda baiknya untuk mengkonsumsi coklat hangat sebelum menyelesaikan tugas itu.
Jika kamu tidak terbiasa meminum coklat hangat, Flavanol terdapat pula pada buah anggur, apel, berbagai jenis beri, dan teh. Selamat mencoba!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top