skip to Main Content
Mobil Terbang Sukses Mengudara Di Jepang

Mobil Terbang Sukses Mengudara di Jepang

Mobil terbang bernama The Contraption sukses mengudara di Jepang dalam sebuah pertunjukan uji terbang. Pembuat mobil terbang The Contraption berharap mobil terbang buatannya dapat diproduksi massal mulai tahun 2023.
The Contraption adalah mobil terbang buatan perusahaan SkyDrive Inc. asal Jepang. Dalam uji terbang tersebut, The Contraption dapat melayang 1 sampai 2 meter dari atas permukaan tanah selama empat menit. Uji terbang itu dilakukan di dalam area yang dipasangi jaring pada lapangan uji milik Toyota. Ini adalah unjuk terbang bagi publik yang pertama yang dilakukan oleh sebuah mobil terbang dalam sejarah Jepang.
The Contraption yang memiliki kode produksi SD-03 terlihat seperti drone. Sebuah kabin di bagian tengah menjadi tempat pengendara mengendalikan The Contraption. Dari kabin itu muncul empat lengan yang masing-masing memegang dua set baling-baling yang akan memberi dsya angkat keoada mobil terbang. The Contraption saat ini baru bisa membawa 1 orang sebagai pengendara. Selama uji coba, mobil terbang ini hanya berkeliling di dalam area berjaring di lapangan uji Toyota. Mobil terbang ini menerapkan teknologi electric Vertical Takeoff and Landing (eVTOL) yang membuatnya mampu mengudara dan mendarat dengan kondisi vertikal atau tegak lurus. Teknologi baterai saat ini membuatnya bisa terbang hanya sampai 10 menit.

SD-03 bisa melayang 1 sampai 2 meter di atas permukaan tanah selama 4 sampai 10 menit. (SkyDrive)

The Contraption, jika mampu memperbaiki sisi keamanan dan usia baterai, maka menawarkan sejumlah keuntungan yang bisa menjadi solusi bagi kemacetan jalan raya dan Bandara. The Contraption dapat mengudara dan mendarat secara vertikal sehingga mengurangi kebutuhan ruang di jalan raya dan tempat parkir. Perpindahan antar titik juga bisa dilakukan lebih cepat. Kelebihan lainnya adalah bisa mengurangi kesibukan dan kepadatan di bandara karena
SkyDrive Inc. dimulai sebagai proyek sukarelawan yang dinamai ‘Cartivator’ pada tahun 2012. Proyek sukarela ini lalu mendapatkan dukungan dana dari sejumlah perusahaan top Jepang, seperti perusahaan pengembang permainan video Bandai Namco, perusahaan elektronik Panasonic Corp., dan perusahaan mobil raksasa Toyota Motor Corp..
Tomohiro Fukuzawa yang mengepalai tim pengembang SkyDrive berharap mobil terbang The Contraption dapat diproduksi dan dijual mulai tahun 2023, walau dia mengakui bahwa usaha-usaha untuk memastikan keamanan mobil terbang adalah hal sulit tetapi penting. “di dunia yang terdapat lebih dari 100 proyek mobil terbang, hanya sedikit yang benar-benar bisa terbang dengan sukses bersama orang di dalamnya. Kami harao orang-orang akan mau mengendarai ini dan merasa aman,” pungkasnya.
Apakah kamu termasuk yang antusias ingin mencoba mobil terbang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top