skip to Main Content
Ombak Bercahaya Biru Melanda Pantai California

Ombak Bercahaya Biru Melanda Pantai California

Ombak bewarna biru berkilau menghampiri pantai di California setiap malam sejak akhir Maret lalu. Orang-orang berkumpul di pantai untuk menikmati pemandangan unik yang langka itu.

Warga California mendapatkan pemandangan luar biasa cantik setiap malam dalam sebulan terakhir. Mereka menyaksikan ombak yang menghampiri pantai mereka memancarkan pendaran warna biru yang indah. Mereka berkumpul di tepi pantai sekadar untuk menikmati pemandangan unik tersebut atau mencoba berselancar di atasnya. Gelombang air memancarkan warna biru lembut di ujung ombaknya sebelum pecah dan menghilang saat menghempas pasir pantai. Warna biru pada ombak itu serupa dengan fenomena warna biru pada semburan api di kawah Ijen, Jawa Timur. keduanya sama-sama indah dilihat, tetapi memiliki perbedaan besar dalam hal penyebabnya.

Ombak yang berpendar biru di Scripps Pier pada 24 April 2020. (Scripps Institute/Philipp Arndt)

Warna biru pada kawah Ijen berasal dari semburan gas yang terbakar, sedangkan warna biru di ombak California berasal organisme fitoplakton yang hidup di dalam air laut. Fitoplakton dari jenis Lingulodium polyedra berkembang biak dalam jumlah besar di laut lepas pantai California dan terseret ombak ke tepi pantai. Selama siang hari, jutaan fitoplakton ini terlihat dalam warna aslinya, yang memberikan nuansa cokelat kemerahan dan menjadi penyebab munculnya sebutan ‘pasang merah’. Tetapi pada malam hari, fitoplakton yang sama berpendar mengeluarkan warna biru, terutama dalam ombak bergulung-gulung yang menggelora. Ombak berpendar biru ini muncul di sepanjang pantai terbentang dari Baja di California sampai ke Kota Los Angeles.

Warga bermain selancar air di atas gelombang yang mengeluarkan pendar warna biru. (Gizmodo)

Fenomena alam ini pertama kali terdeteksi pada akhir Bulan Maret lalu dan tidak diketahui sampai kapan akan berakhir. Namun Satu hal yang pasti, fenomena ini menjadi hiburan tersendiri bagi penduduk California. Mereka berkumpul di pantai bersama keluarga pada malam hari sementara yang lainnya masuk ke air dan bermain selancar air.
Untungnya fitoplakton Lingulodium polyedra tidak berbahaya bagi kesehatan manusia. Fitoplankton ini tidak beracun dan Dinas Kesehatan California tidak mengeluarkan peringatan apapun terkait dengan ombak biru ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top