skip to Main Content
Orang Dengan Lima Penyakit Ini Sangat Rentan Terhadap Covid-19

Orang Dengan Lima Penyakit Ini Sangat Rentan Terhadap Covid-19

Covid-19 memberi resiko kematian yang lebih tinggi kepada orang yang mengidap penyakit tertentu. Lembaga Pencegahan dan Pengendalian Wabah AS menunjukkan bahwa orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu memiliki kemungkinan 12 kali lebih besar untuk meninggal dunia daripada pasien lain.

Data terbaru dari Lembaga Pencegahan dan Pengendalian Wabah mengungkap bahwa orang-orang dengan penyakit darah tinggi, penyakit terkait jantung, diabetes, obesitas, dan penyakit paru-paru kronis sangat rentan kehilangan kehidupan mereka akibat covid-19. Dibandingkan dengan orang yang sehat, mereka yang mengidap kelima penyakit itu enam kali lebih banyak dirawat di rumah sakit. Mereka juga 12 kali lebih besar kemungkinannya akan meninggal dunia akibat covid-19.

Lembaga Pencegahan dan Pengendalian Wabah atau yang disingkat dengan CDC memiliki data 287.320 pasien covid-19 di seluruh Amerika Serikat, dari jumlah itu, 32 persennya memiliki riwayat penyakit jantung, 30 persen memiliki riwayat diabetes, dan 18 persen memiliki riwayat penyakit paru-paru kronis. Resiko kematian makin tinggi terjadi pada mereka yang berusia di atas 50 tahun. Data mengungkap bahwa hampir dari separuh pasien covid-19 yang berusia 50 tahun ke atas yang dirawat di rumah sakit memiliki masalah obesitas dan 28 persennya mengidap diabetes tipe 2.

Dokter dan peneliti belum mampu memahami hubungan antara covid-19 dan kelima penyakit itu, hanya saja mereka menduga bahwa secara umum diabetes dan obesitas adalah penyakit yang menggerogoti kapasitas paru-paru, dan virus SARS-CoV-2 membuat kondisi itu menjadi semakin parah. Sementara pada penderita penyakit paru-paru kronis, tertular covid-19 akan memperparah penyakit mereka karena virus SARS-CoV-2 adalah wabah yang terkait dengan saluran pernapasan.

CDC menyebutkan bahwa dari pasien covid-19 berusia di atas 50 tahun yang dirawat, 89,3 persennya mengidap satu atau lebih penyakit yang telah disebutkan di atas. darah tinggi berada di posisi kedua dengan 49,7 persen; obesitas di posisi ketiga dengan 48,3 persen; penyakit paru-paru kronis di angka 34,6 persen; di urutan keempat dengan persentase 28,3 persen adalah diabetes tipe 2,dan penyakit jantung di posisi kelima dengan persentase 27,8.

Menjaga kesehatan amat penting untuk mencegah dan mengurangi dampak penyakit covid-19. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan menghindari rokok dan asapnya adalah langkah mudah untuk tetap sehat dan bugar. Sebagai perlindungan tambahan, jangan lupa untuk rajin mencuci tangan dan selalu menggunakan masker dan pelindung muka saat bepergian keluar rumah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top