skip to Main Content
Peneliti Membuat Kapal Yang Lebih Kecil Daripada Rambut

Peneliti Membuat Kapal Yang Lebih Kecil Daripada Rambut

Peneliti berhasil membuat kapal tongkang terkecil di dunia yang berukuran hanya sepertiga dari lebar rambut. Kapal terkecil di dunia ini dibuat memakai teknologi cetak laser di dalam tetes cairan.

Sekelompok Ahli Fisika di Universitas Leiden di Belanda membuat sebuah kapal tongkang berukuran hanya 30 mikron. 30 mikron kurang lebih sepertiga dari rata-rata lebar sehelai rambut dan 6 kali lebih besar daripada ukuran bakteri. Mereka membuat kapal ini sebagai bagian dari penelitian untuk memahami cara ‘perenang mikro’ untuk bergerak di dalam cairan tertentu. Perenang mikro ini misalnya adalah bakteri dan sperma.
Kapal tongkang super mini yang cocok untuk dikendarai oleh bakteri ini dibuat oleh para peneliti memakai printer tiga dimensi memakai proses yang bernama 2PP alias polimerisasi dua foton. Cetakan tiga dimensi itu dibuat dalam sebuah tetes cairan. Laser yang super akurat lalu mencetak kapal di dalam tetes cairan dengan cara membuat bagian tertentu pada tetes cairan menjadi keras. Proses pengerasan sebagian ini dilakukan berulang-ulang sampai kapal terbentuk.
Hasilnya adalah sebuah kapal tongkang yang dicetak sangat akurat mendekati bentuk aslinya, termasuk bentuk ruang di bagian dalam kapal. Hasil percobaan ini dituangkan dalam sebuah makalah yang terbit di laman Royal Society of Chemistry dengan judul ‘Catalytical propelled 3D printed colloidal microswimmers’.
Keberhasilan membuat bentuk tiga dimensi super mini secara akurat ini akan berguna untuk memahami bagaimana organisme super kecil seperti bakteri dan sperma ‘berenang’ di dalam berbagai jenis cairan. Pemahamanatas kemampuan organisme super kecil bergerak ini akan bermanfaat dalam dunia medis, terutama dalam usaha diagnosa terapis dan pengiriman obat secara tepat ke bagian tubuh yang memerlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top