skip to Main Content
Samurai Bukan Nama Pedang, Inilah Jenis-Jenis Pedang Dari Jepang

Samurai Bukan Nama Pedang, Inilah Jenis-Jenis Pedang Dari Jepang

Meski sering terdengar perkataan yang menyebut ‘si fulan membawa Samurai’ yang merujuk kepada seseorang yang terlihat membawa pedang panjang, tetapi ternyata Samurai bukanlah nama senjata tajam. Senjata tajam asal Jepang memiliki banyak nama dan samurai bukanlah salah satunya. berikut ini penjelasannya.
Samurai sesungguhnya adalah nama sebutan bagi orang tertentu dalam masyarakat Jepang. Samurai menjadi nama gelar bagi para ahli beladiri yang mahir mempergunakan pedang. Mereka biasanya membawa dua buah pedang, satu berukuran 90 sentimeter dan yang lebih pendek berukuran 60 atau 65 sentimeter.
Karena kemampuan mereka dalam mempergunakan pedang, seorang samurai mendapatkan posisi istimewa dalam masyarakat, mereka adalah pelindung bagi kampung dan membentuk tim pengawal dan pelindung raja. Dengan demikian samurai mendapatkan kelas sosial yang tinggi dalam masyarakat tradisional Jepang.

Foto Kelompok Samurai yang diambil antara tahun 1860 – 1880. (Twitter/Pico Rama)

Dengan demikian, Samurai adalah nama gelar untuk ahli beladiri, bukan nama pedang. Pedang yang kerap dibawa samurai memiliki namanya sendiri, tergantung jenis dan ukurannya. Pedang yang mereka gunakan berbeda dengan pernah pedang yang digunakan oleh Ninja, kelompok ahli beladiri lainnya di Jepang. Pedang yang dipakai oleh Ninja cenderung pendek dan lurus sedangkan pedang pada samurai sedikit melengkung dengan berbagai ukuran panjang.
Nodachi adalah pedang paling panjang yang dipergunakan oleh samurai. Ukurannya mencapai 90 sentimeter atau lebih. Pedang yang panjang seperti Nodachi biasanya dibawa oleh Samurai yang berjalan kaki untuk berperang di tempat yang terbuka. Nodachi sangat baik untuk melawan pasukan berkuda. Kekurangannya adalah karena ukurannya yang panjang, nodachi tidak cocok untuk pertarungan jarak dekat atau pertarungan di tempat dengan luas terbatas.
Selanjutnya ada Tachi. Tachi adalah pedang berukuran sekitar 75 sentimeter. Pedang berukuran sedang ini biasanya dibawa oleh Samurai yang mengendarai kuda dan sangat baik dipakai untuk menyerang pasukan jalan kaki. Pedang seukuran ini banyak dipergunakan sebelum kemunculan katana.
Lalu kita punya Katana. Katana berukuran sekitar 60 sentimeter, seperempat dari panjang katana adalah berupa gagang. Katana hanya memiliki satu sisi, dipergunakan dengan dua tangan, dan mampu menjangkau jarak yang cukup jauh.
Wakizashi adalah adik Katana. Dikatakan demikian karena Katana dan Wakizashi adalah dua pedang yang selalu dibawa oleh seorang samurai. Beda antara keduanya hanyalah pada ukuran, Wakizashi sedikit lebih pendek, yakni 50 sentimeter. Wakizashi adalah senjata cadangan. Jika seorang samurai memasuki rumah atau kediaman orang lain, mereka akan meninggalkan katana di luar tetapi tetap membawa Wakizashi masuk.
Tanto adalah senjata tajam lain yang kerap dibawa oleh samurai, terutama pada masa awal kemunculan mereka. Tanto hanya berukuran 15 sentimeter, walau kadang ada yang sampai 30 sentimeter. Pedang pendek ini bisa memiliki satu sisi tajam atau dua sisi tajam dan dipergunakan untuk menusuk atau melubangi. Tanto diyakini adalah pendahulu Wakizashi dan ketika Wakizashi ditemukan maka Tanto mulai ditinggalkan dan hanya dibawa sebagai hiasan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top