skip to Main Content
Sekarang Berlian Bisa Dibuat Hanya Beberapa Menit Tanpa Suhu Super Panas.

Sekarang Berlian Bisa Dibuat Hanya Beberapa Menit Tanpa Suhu Super Panas.

Berlian kini bisa dibuat hanya dalam beberapa menit dan tanpa memerlukan suhu tinggi. Proses ini menghasilkan dua jenis berlian yang serupa dengan berlian alami yang terbentuk di alam.
Berlian adalah batu mulia yang dihargai tinggi karena memiliki kualitas yang tidak dimiliki batu mulia lain. Selain indah dipandang mata, berlian memiliki kekuatan luar biasa melebihi kekuatan benda lain yang ada di muka bumi, karena itu berlian banyak dipergunakan untuk memotong benda logam dan bebatuan.
Secara alami, berlian terbentuk di dalam perut bumi, pada kedalaman 150 kilometer dalam suhu di atas 1000 derajat celcius. pada Kedalaman seperti itu, mineral karbon ditempa oleh tekanan yang sangat besar dalam suhu yang tinggi sehingga atom-atomnya tersusun dalam pola tertentu yang pada akhirnya menghasilkan berlian.

Karbon serupa grafit berhasil diubah menjadi sebongkah berlian yang terdiri dari dua jenis, yakni Lonsdaleite yang dominan dengan berlian alami yang mengisi ruang diantara Lonsdaleite. (RMIT)

Tetapi kini ilmuwan telah berhasil membuat berlian di laboratorium yang setara dengan berlian alami, hanya dengan mempergunakan tekanan super besar tanpa memerlukan panas yang tinggi. Para ilmuwan dari Australian National University bekerja sama dengan RMIT di Melbourne mengumumkan bahwa mereka mampu membuat berlian dalam suhu kamar dengan menerapkan tekanan sebesar 80 gigapascal atas sepotong kecil karbon serupa grafit. Tekanan sebesar itu setara dengan tekanan yang dihasilkan oleh berat 640 ekor gajah Afrika yang dipusatkan pada bidang selebar ujung sepatu balet.
karbon serupa grafit itu berhasil diubah menjadi sebongkah kecil berlian yang terdiri dari dua jenis, yakni berlian biasa dan lonsdaleite.
Berlian biasa adalah berlian alami yang tercipta di alam, baik di dalam mantel bumi maupun sebagai akibat tumbukan antara meteor dengan permukaan bumi. Sejak tahun 1940-an, berlian alami juga telah berhasil dibuat di laboratorium dengan cara meniru situasi di mantel bumi.
Lonsdaleite sendiri juga tercipta secara alami sebagai hasil dari tumbukan antara meteor dengan permukaan bumi. Hal yang membedakan antara berlian biasa dan lonsdaleite adalah bahwa lonsdaleite 58 persen lebih keras daripada berlian biasa.
Dalam percobaan yang dilakukan oleh ANU dan RMIT, mereka berhasil mendapatkan berlian biasa dan lonsdaleite. lonsdaleite mendominasi bongkahan dengan berlian biasa mengisi ruang di antara lonsdaleite.
Temuan ini membuka banyak kesempatan untuk menciptakan lebih banyak berlian bagi pemenuhan kebutuhan industri pertambangan dan pemotongan. Pada industri perhiasan, berlian yang dapat dibuat dalam waktu cepat tanpa memerlukan suhu tinggi dapat membuat berlian menjadi lebih banyak jumlahnya dan dijual berdampingan dengan berlian alami. Apakah kamu mau membelinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top