skip to Main Content
Tampil Tanpa Dibayar, Shakira Dan J-Lo Hanya Dijanjikan Exposure

Tampil Tanpa Dibayar, Shakira dan J-Lo Hanya Dijanjikan Exposure

Shakira dan Jennifer Lopez tampil tanpa dibayar pada sesi hiburan acara Super Bowl liga sepakbola amerika. Keduanya mendapatkan keuntungan tidak langsung melalui eksposure acara olahraga terbesar di Amerika Serikat itu.

Bukan hanya selebgram dan Pesohor Indonesia yang gemar membayar mitra kerja mereka dengan eksposure, Pengelola Super Bowl di Amerika Serikat pun sama, membayar mitra yang bekerjasama dengan mereka memakai eksposure. Bedanya, Super Bowl memberikan eksposure yang berdampak nyata.

Shakira dan Jennifer Lopez adalah dua artis papan atas. Untuk sebuah pertunjukkan, Jennifer Lopez mendapatkan bayaran sebesar Rp 30 miliar, sedangkan Shakira mendapatkan Rp 22 miliar. Tetapi untuk tampil di acara paruh waktu Super Bowl NFL, keduanya tidak mendapatkan bayaran. Pihak penyelenggara Super Bowl ternyata hanya mengeluarkan dana untuk membiayai ongkos produksi pertunjukkan dan sedikit pengeluaran lainnya, tetapi sama sekali tidak memberika cek bayaran kepada dua artis latino itu.

Meski tidak dibayar, J-Lo dan Shakira tetap bersedia tampil, alasannya terletak pada besarnya eksposure yang ditawarkan oleh Super Bowl NFL. Super Bowl mempertemukan dua tim terbaik NFL dan selalu menjadi pertandingan yang paling besar dalam satu musim pertandingan. Pada sesi istirahat paruh waktu, waktu kosong itu diisi dengan acara hiburan yang menampilkan artis-artis besar Amerika Serikat. Lady Gaga mengisi di tahun 2017, Justin Timberlake setahun kemudian, dan Maroon 5 yang tampil pada 2019.

Super Bowl 2020 sendiri ditonton oleh 102 juta pemirsa, menjadi pertandingan terbesar kesepuluh  dalam sejarah Super Bowl. Banyaknya jumlah penonton itu rupanya mendongkrak penjualan lagu si artis. Lady Gaga melihat kenaikan penjualan album sebesar 1.980 persen, sedangkan Justin Timberlake mendapat kenaikan 214 persen dalam jumlah pendengar lagunya melalui Spotify. Maroon 5 sendiri mendapat kenaikan penjualan album sebesar 44 persen. Itu terjadi pula pada J-Lo dan Shakira di tahun 2020.

Secara kolektif, keduanya mendapatkan kenaikan penjualan lagu sebanyak 1.013 persen dan diunduh 16 kali lebih banyak, dari 1000 unduhan menjadi 16.000 unduhan setelah penampilan Super Bowl dilakukan.

Bukan hanya berdampak kepada lagu-lagu yang dibawakan, penampilan kedua penyanyi itu di Super Bowl juga memengaruhi penjualan lagu-lagu lain dari album mereka. Sebelum penampilan di Super Bowl J-Lo dan Shakira hanya menerima 2.000 unduhan lagu per hari tetapi setelah tampil di paruh waktu Super Bowl keduanya mendapatkan 21.000 unduhan. Luar biasa bukan.

Ini baru namanya tawaran eksposure. Setuju?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top