skip to Main Content
Udara Paling Bersih Di Dunia Ada Di Tempat Ini

Udara Paling Bersih di Dunia Ada di Tempat Ini

Ilmuwan mengaku telah menemukan udara terbersih di dunia yang bebas dari polusi yang disebabkan oleh kegiatan manusia. Udara terbersih di dunia itu ditemukan di lautan selatan yang mengelilingi Benua Antartika.

Udara yang bersih akan memberi manfaat bagi kesehatan manusia, sayangnya, aktifitas manusia sendiri telah menghasilkan partikel yang mengotori udara. Asap rokok, kendaraan, dan pabrik memberi sumbangan besar bagi memburuknya mutu udara, terutama di perkotaan. Mereka yang memerlukan udara segar untuk alasan kesehatan harus mencari tempat lain yang lebih baik.

Kapal yang digunakan dalam penelitian ini berangkat dari Tasmania di Australia menuju ke Antartika.

Kini tempat itu telah ditemukan. Para peneliti dari Universitas Negeri Colorado Amerika Serikat mengaku telah mengetahui dimana tempat untuk menghirup udara yang paling bersih di dunia. Melalui penelitian mereka mendapati bahwa udara di tempat ini tidak terganggu dan berubah oleh kegiatan manusia. Mereka menemukan bahwa udara di lapisan perbatasan, yang memasok udara ke awan-awan di lapisan yang lebih rendah, ternyata bebas dari partikel aerosol yang dihasilkan oleh manusia, seperti hasil pembakaran bahan bakar fosil, perkebunan tertentu, produksi pupuk, dan limbah air, baik yang dihasilkan di tempat itu maupun yang dibawa oleh aliran udara dari tempat lain. Aliran udara dapat membawa partikel polusi ini berpindah sampai ribuan kilometer dari tempat asalnya.

Partikel padat, cair dan gas dari berbagai sumber ini melayang-layang di udara dalam waktu yang lama dan dapat berpindah kemana saja dibawa oleh aliran udara. “Aerosol yang mengendalikan bagian-bagian dari awan-awan di laut selatan sangat kuat terhubung kepada proses biologis di lautan dan samudra Antartika sepertinya terisolasi dari penyebaran kumpulan nutrien dan organisme mikro dari daratan di bumi bagian selatan ke arah selatan,” ujar Thomas Hill, peneliti dari Universitas Negeri Colorado.”Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lautan selatan adalah satu diantara sedikit tempat di muka bumi yang sangat sedikit terpengaruh oleh kegiatan manusia,” tambahnya lagi.

Sejumlah peralatan berteknologi tinggi dipergunakan untuk mengumpulkan contoh udara.

Thomas Hill dan tim mengambil sampel udara dari lapisan batas air, yakni bagian dari atmosfer yang memiliki kontak langsung dengan permukaan laut. Pengambilan contoh udara dilakukan saat mereka melaut di atas kapal penelitian yang berjalan ke selatan dari Tasmania di Australia menuju ke Benua Antartika. Penelitian mereka diterbitkan melalui laman jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences. Dalam makalahnya mereka menyebut laut selatan sebagai “sangat murni”.

Kamu yang membutuhkan terapi udara yang bersih untuk mengembalikan kesehatan tubuh kini memiliki pilihan yang unik. Kamu bisa mempertimbangkan untuk berpelesiran ke laut selatan untuk merasakan bagaimana udara paling bersih di dunia bekerja bagi paru-parumu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top