skip to Main Content
Uni Emirat Arab Akan Segera Ke Mars, Ini Faktanya

Uni Emirat Arab Akan Segera ke Mars, ini Faktanya

Uni Emirat Arab akan meluncurkan wahana luar angkasa milik mereka pada Jumat 17 Juli 2020. Ini merupakan misi luar angkasa pertama ke Mars yang dilakukan oleh sebuah negara Arab.
Negara-negara Arab di jazirah terus menerus melakukan usaha untuk mendekatkan diri mereka dengan teknologi dan sains terdepan. Usaha terbaru adalah dengan membawa dunia Arab ke luar angkasa, tepatnya ke planet merah Mars. Jumat 17 Juli Uni Emirat Arab akan meluncurkan wahana luar angkasa pertama mereka ke luar angkasa.
Berikut ini lima fakta menarik terkait misi lar angkasa milik Uni Emirat Arab.
Al-Amal
Wahana luar angkasa milik Uni Emirat Arab ini diberi nama Al-Amal tetapi dalam bahasa Inggris disebut sebagai Hope. Wahana ini memiliki berat 1.350 kilogram dan akan bekerja sebagai satelit yang mengamati cuaca di permukaan Planet Mars.
Peluncuran sedianya dilakukan pada Selasa 14 Agustus lalu tetapi diundur karena kendala cuaca. Jika berjalan lancar maka pada Jumat besok wahana ini akan berangkat ke Mars diantarkan oleh roket H-2A dari Mitsubishi Heavy Industries. Setelah diluncurkan esok hari, Hope akan melakukan perjalanan selama tujuh bulan dan memasuki orbitnya di sekitar Mars pada Februari 2021.

Al-Amal/Hope akan mengorbit Planet Mars dan mengamati atmosfer dan cuaca di planet merah itu. (MBRSC)

Pertama berangkat
Al-Amal/Hope adalah wahana Mars pertama yang akan berangkat pada rentang waktu peluncuran ke Mars yang berlangsung pada bulan Juli ini. Rentang waktu peluncuran khusus ke Mars ini hanya terjadi setiap 26 bulan dan menawarkan rute paling cepat dari Bumi menuju ke Mars. Dua wahana Mars lainnya adalah Perseverance Rover milik NASA yang akan diluncurkan dua minggu ke depan dan Tianwen-1 Lander milik China.
Baca juga:
Tiga triliun
Emirate Mars Mission atau Misi Mars Emirat dikerjakan sejak tahun 2013 dengan anggaran sebesar Rp 3 triliun. Anggaran itu sudah termasuk biaya peluncuran yang mempergunakan roket dari Mitsubishi Heavy Industries. Lembaga Luar Angkasa Uni Emirat Arab membiayai dan mengawasi pengerjaan Misi Mars Emirat ini, yang bekerja sama dengan Insinyur Amerika Serikat dalam perancangan dan pembuatan pesawat luar angkasa Hope ini.
Kebanggaan Arab
Misi Al-Amal/Hope ke Mars dilaksanakan menjelang Hari Ulang Tahun Uni Emirat Arab pada 2 Desember 2021. “Identitas misi ini bukan hanya mengenai UEA, ini juga untuk dunia Arab,” ujar Project Manager Misi Mars Emirat Omran Sharaf seperti dilansir dari laman SpaceflightNow. “(Misi ini) hendak memberi inspirasi pada anak muda Arab, mengirimkan pesan berisi harapan bagi mereka… jika negara seperti Uni Emirat Arab bisa mencapai Mars dalam usia kurang dari 50 tahun maka kamu bisa melakukan lebih banyak,” ungkapnya lagi.

Sarah Al-Amiri, Menteri Sains dalam Kabinet Uni Emirat Arab.

Perempuan memimpin 
Berbeda dengan anggapan bahwa dalam dunia Arab perempuan dibatasi hidupnya, misi luar angkasa Uni Emirat Arab malah dipimpin oleh seorang perempuan berhijab. Sarah binti Yousif Al-Amiri adalah Kepala Dewan Ilmuwan Uni Emirat Arab dan menjadi Manager Proyek Misi Mars Emirat. Sejak 2017 Sarah Al-Amiri menjadi Menteri urusan Sains dalam kabinet negara di Teluk Arab itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top