skip to Main Content
Vaksin Ini Akan Selamatkan Orang Lanjut Usia Dari Covid-19

Vaksin Ini Akan Selamatkan Orang Lanjut Usia dari Covid-19

Vaksin Corona yang dikembangkan oleh Moderna diklaim mampu membangkitkan daya tahan tubuh pada orang lanjut usia sama besarnya dengan daya tahan tubuh pada orang muda. Vaksin ini berada pada tahap akhir pengembangan di Amerika Serikat.
Menurut Lembaga Pencegahan dan Pengendalian Wabah Amerika Serikat CDC, Covid-19 jauh lebih mematikan bagi orang lanjut usia. Orang yang berusia 50 sampai 64 tahun bila terkena Covid-19 maka akan 4 kali lebih besar kemungkinannya akan dirawat di rumah sakit dengan 30 kalo lipat kemungkinannya akan meninggal dunia bila dibandingkan dengan orang-orang uang berusia 18 sampai 29 tahun. Resiko ini makin meningkat pada kelompok usia yang lebih tua. Orang-orang yang berusia 65 tahun sampai 74 tahun memiliki resiko 5 kali lebih besar untuk dirawat di rumah sakit akibat terkena Covid-19 dan memiliki resiko 90 kali lebih besar untuk meninggal karena wabah itu. semakin tua maka semakin besar kemungkinan untuk menutup usia lebih awal karena Covid-19.
Ini disebabkan oleh karena kekebalan tubuh yang semakin menurun seiring bertambahnya usia. Sejumlah calon vaksin Covid-19 yang sedang menjalani masa uji hanya memberi manfaat harapan besar kepada pasien berusia muda dan tidak terlalu berpengaruh kepada pasien yang lebih tua. Tetapi hal berbeda terjadi pada vaksin yang sedang dikembangkan oleh Moderna. Vaksin yang mereka kembangkan mampu membuat sistem kekebalan tubuh pada orang berusia lebih dari 56 tahun bereaksi sangat baik, setara dengan reaksi kekebalan tubuh pada orang yang jauh lebih muda. “Vaksin ini sangat menjanjikan,” ujar David Dowling yang terlibat dalam pengembangan vaksin ini. David Dowling adalah seorang ahli imunologi yang juga seorang Profesor pada Harvard Medical School.
David Dowling dan tim peneliti yang bekerja sama dengan Moderna mengadakan uji coba kecil atas 40 orang sukarelawan. Uji coba dilakukan oleh para peneliti di Universitas Emory di Atlanta dengan 40 orang sukarelawan yang terbagi ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari 20 orang sukarelawan dengan rentang usia 56 tahun sampai 70 tahun dan kelompok kedua berisi sukarelawan dengan usia 71 tahun ke atas. Hasil uji coba itu lalu dibandingkan dengan hasil uji coba sebelumnya yang dilakukan atas sukarelawan berusia 18 tahun sampai 55 tahun. Hasilnya sangat menggembirakan. “Respon daya imun tubuh (pada orang tua) sangat dapat disandingkan dengan respon daya imun dari pada anak muda,” ujar Dr. Evan Anderson yang memimpin penelitian. Dia adalah Profesor wabah menular di Emory University Medical School.
Vaksin ini diberi nama mRNA-1273 dan sekarang sedang berada dalam tahap ketiga uji klinis di Amerika Serikat dan dianggap sebagai yang terdepan dari semua vaksin covid-19 yang saat ini sedang dikembangkan. Vaksin Covid-19 yang bekerja baik pada orang lanjut usia memberi harapan bahwa mereka akan lebih berhasil pulih setelah terjangkit wabah yang diakibatkan oleh virus corona itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top