skip to Main Content
Vitamin D Bisa Membantumu Melawan Covid-19

Vitamin D Bisa Membantumu Melawan Covid-19

Vitamin D dapat membantu tubuhmu melawan infeksi yang disebabkan oleh virus penyebab covid-19. Vitamin D bisa didapat secara alami atau dengan bantuan suplemen.

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, tetapi Ahli Kardiologi dari dari Saint Luke’s Health System Dr. James O’Keefe mengatakan bahwa orang-orang yang mengalami kekurangan jumlah vitamin D di dalam tubuh mereka akan lebih berpotensi untuk terkena covid-19. Secara khusus dia menyebut orang-orang dengan kulit gelap dan mereka yang berusia di atas 65 tahun. James O’Keefe mengkhususkan diri dalam penelitian terkait vitamin D dan menurutnya tigaperempat orang di Amerika Serikat mengalami kekurangan vitamin D, suatu hal yang memperburuk kesempatan mereka dalam melawan Covid-19.
Vitamin D memiliki beberapa peran vital bagi tubuh, dan dua diantara peran vital itu adalah sebagai pengatur penyerapan kalsium dan fosfor di dalam tubuh. Peran vital kedua adalah fungsinya dalam menyiapkan dukungan bagi sistem imun yang normal bagi tubuh. Vitamin D juga dikenal mampu mengurangi kemungkinan seseorang untuk terkena penyakit Flu, seperti Covid-19 yang adalah flu jenis baru yang belum ada vaksin dan obatnya. Selain itu, vitamin D juga mampu mengatur mood dan mengusir depresi. Hilangnya depresi dan munculnya kebahagiaan juga sangat dianjurkan oleh para ahli dengan tujuan untuk menjaga daya imun tubuh untuk melawan penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2.
Vitamin D bisa didapatkan melalui suplemen vitamin yang mudah didapat di apotek, tetapi James O’Keefe menyarankan untuk mendapatkan vitamin D secara alami dari sinar matahari. Para ilmuwan memberi saran agar orang-orang memperbanyak keluar rumah di pagi hari untuk mendapatkan vitamin D langsung dari matahari.
Meski memiliki peran penting, hal yang perlu diingat adalah bahwa vitamin D bukanlah pengganti dari Masker dan Face Shield dalam pencegahan penularan Covid-19, karena itu saat hendak keluar rumah dan mendapatkan sinar matahari kamu harus tetap menggunakan masker yang sesuai dan face shield.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top