skip to Main Content
Vitamin D Selama Kehamilan Beri Pengaruh Pada IQ Anak

Vitamin D Selama Kehamilan Beri Pengaruh Pada IQ Anak

Asupan vitamin D selama kehamilan memberi pengaruh kepada tingkat IQ anak yang dilahirkan. Vitamin D bisa didapat secara alami maupun melalui makanan tambahan.
Sebuah laporan penelitian yang terbit 3 November 2020 di laman The Journal of Nutrition menyebutkan bahwa jumlah vitamin D yang tinggi selama kehamilan dapat dihubungkan dengan IQ anak yang lahir, yang memberi petunjuk bahwa tingginya jumlah vitamin D pada ibu hamil dapat berujung pada kecerdasan IQ yang lebih tinggi pada anak.
Penelitian dilakukan oleh Departemen Perkembangan, Perilaku, dan Kesehatan Anak di Lembaga Riset Anak Kota Seattle, Amerika Serikat. Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat vitamin D yang tinggi selama kehamilan berhubungan dengan kenaikan IQ yang lebih tinggi pada anak usia empat sampai enam tahun.
Vitamin D dikenal memiliki pengaruh atas perkembangan saraf-kognisi dan otak. Kekurangan vitamin D yang berlebihan kerap dikaitkan dengan munculnya autisme dan skizofrenia pada anak. Vitamin D bisa didapatkan secara alami melalui bantuan paparan sinar matahari tetapi tidak semua orang mendapatkan jumlah yang sama. Walau penelitian ini belum tentu menunjukkan hubungan sebab-akibat para peneliti yakin bahwa temuan mereka memiliki dampak penting dan bisa menjadi dasar untuk penelitian yang lebih mendalam lagi di masa depan.
Pada orang dengan kulit berwarna, vitamin D yang dihasilkan berjumlah lebih sedikit. Orang dengan kulit berwarna menghasilkan melanin di kulit mereka yang berfungsi menghalangi sinar ultra violet dari matahari merusak sel kulit, tetapi penghalangan itu menyebabkan produksi vitamin D berkurang. Akibatnya, wanita dengan kulit cokelat, kuning, merah, dan gelap harus mencari sumber vitamin D lainnya.
Vitamin D bisa didapatkan pula dari makanan. makanan yang banyak mengandung vitamin D adalah ikan laut seperti sarden dan tuna, telur terutama kuning telur, berbagai jenis jamur, susu sapi, susu kedelai, jus jeruk, dan sereal. Konsumsi sumber alami vitamin D yang dilakukan secara teratur akan membantu pembentukan otak janin dan perkembangannya setelah dilahirkan.
Kamu yang sedang hamil bisa mencoba untuk mulai memperbaiki asupan vitamin D demi kebaikan janin dan bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top