skip to Main Content
WhatsApp Luncurkan Fitur Baru, Pengiriman Uang

WhatsApp Luncurkan Fitur Baru, Pengiriman Uang

WhatsApp meluncurkan fitur baru dalam aplikasi mereka, yakni fitur pengiriman uang. Fitur ini telah diuji coba di Brasil mulai 14 Juni 2020.

WhatsApp adalah aplikasi percakapan paling populer di dunia yang telah dipergunakan oleh sekitar 2 miliar orang per Februari 2020. Keunggulan WhatsApp adalah karena aplikasi ini mampu dipergunakan di berbagai sistem operasi yang ada saat ini melalui berbagai gawai.

Pengguna WhatsApp bisa mengirim percakapan dari sistem operasi Android ke iOS atau sebaliknya. Mereka juga bisa mengirim pesan dari laptop menuju ponsel dan begitu pula sebaliknya. Semua tampilan pada masing-masing sistem operasi itu seragam sehingga seseorang tidak mengetahui teman bercakapnya mengirim pesan dari sistem operasi apa dan gawai apa. Keseragaman itu membuat penggunanya nyaman karena merasa setara di WhatsApp.

Keunggulan lainnya adalah WhatsApp menawarkan percakapan yang aman. Saat akan dikirim, pesan diacak dalam kode yang tertentu baru kemudian dikirimkan. Ketika telah sampai di ponsel tujuan, pesan yang diacak itu lalu disusun ulang sehingga dapat dibaca oleh penerima. Kini keunggulan WhatsApp kembali bertambah dengan adanya fitur baru, yakni pengiriman uang langsung dari orang ke orang. Dalam unggahan pada blog WhatsApp, perusahaan itu mengumumkan hadirnya sistem pembayaran untuk pengguna dan bisnis kecil.

Sistem pembayaran ini berlangsung antar pengguna melalui WhatsApp dan dapat dipakai untuk mengirimkan uang kepada anggota keluarga dan teman atau membayar pesanan jasa dan barang kepada usaha kecil. Pembayaran ini akan melibatkan kartu debit dan kredit dan dilaksanakan melalui keamanan yang ketat. Untuk mencegah terjadinya transaksi tidak sah, untuk setiap transaksi WhatsApp akan meminta enam angka PIN khusus atau sidik jari.

Fitur pengiriman uang melalui WhatsApp ini dibangun di atas sistem yang dikembangkan oleh Facebook Play sehingga diduga kelak pengiriman uang bisa dilakukan pula dari WhatsApp ke Facebook dan aplikasi lain yang dimiliki oleh Facebook.

WhatsApp mengumumkan bahwa mereka bekerja sama dengan tiga buah Bank di Brasil yang mengeluarkan kartu debit dan kredit melalui jaringan bisa dan mastercard. WhatsApp juga bekerja sama dengan perusahaan penyelenggara pembayaran online di negara terbesar di Amerika Selatan itu.

Fitur pembayaran ini akan sangat membantu usaha kecil dan menengah yang banyak melakukan proses negoisasi pembelian melalui aplikasi percakapan. Jika sebelumnya mereka harus keluar dari WhatsApp dan masuk ke aplikasi perbankan, maka sekarang mereka tidak perlu meninggalkan aplikasi percakapan itu untuk melakukan pembayaran. WhatsApp mengatakan bahwa fitur terbaru ini diadakan untuk mendukung usaha kecil dan mikro di Brasil yang kini telah melibatkan 10 juta UMKM.

Pengamat menduga apa yang dilakukan WhatsApp di Brazil adalah langkah awal sebelum fitur yang sama dilaksanakan di negara lain, sembari merujuk kepada usaha WhatsApp yang sebelumnya melakukan uji coba fitur pengiriman uang di India. Jika fitur ini juga pada akhirnya masuk ke Indonesia maka akan membantu berbagai UMKM yang menggeliat sejak pandemi covid-19 melanda. Hal yang akan menjadi daya tarik bagi pelaku UMKM Indonesia adalah bahwa transaksi pengiriman uang melalui WhatsApp tidak dikenai biaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top